Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran SIM Gratis di Jatim Sudah Dibuka

Kompas.com - 23/06/2020, 09:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Jawa Timur (Jatim) memberikan pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus bagi masyarakat yang lahir pada 1 Juli.

Program ini diselenggarakan dalam rangka HUT ke-74 Bhayangkara, yang bertujuan untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim AKBP Adhitya Panji menjelaskan, program ini merupakan pelayanan SIM khusus yang diberikan kepada masyarakat yang lahir pada 1 Juli atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara.

Baca juga: Agar Tak Salah Pilih, Begini Tips Membeli Mobil Bekas

“Tujuannya adalah untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat khususnya pada bidang pelayanan penerbitan SIM,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (22/6/2020).

pemohon SIM di Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi, Senin (9/3/2020).Ari Purnomo pemohon SIM di Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi, Senin (9/3/2020).

Masyarakat yang bisa memanfaatkan program SIM khusus ini, selain yang lahir pada 1 Juli juga melaksanakan proses perpanjangan SIM A dan C mulai 14 Juni hingga 3 Juli 2020.

“Pelaksanaan pelayanan SIM Khusus ini diberikan kepada masyarakat yang melaksanakan proses perpanjangan SIM A dan C yang dimulai pada tanggal 14 Juni s.d. 3 Juli 2020 diseluruh Satpas Polres/Ta/Tabes jajaran Polda Jatim,” katanya.

Untuk mekanisme pelayanannya, Adhitya mengatakan, setiap peserta atau masyarakat yang sudah memenuhi syarat lahir 1 Juli juga harus melengkapi sejumlah persyaratan lainnya.

Baca juga: Selain Lahir 1 Juli, Ini Syarat Lain untuk Ikut Program SIM Gratis

Mekanisme penerbitan SIM sesuai SOP yaitu dengan melengkapi kelengkapan administrasi sebagai berikut

1. KTP asli;

2. SIM asli;

3. Surat keterangan kesehatan

4. Surat tes psikologi.

5. Melakukan pembayaran PNBP SIM (di dukung oleh sponsorship)

Salah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik.KOMPAS.com / Hamzah Salah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik.

“Untuk pendaftarannya sudah dimulai dan dilakukan di setiap Polres yang ada wilayah Jatim,” ucapnya.

Adhitya menegaskan, pelaksanaan SIM khusus ini tetap membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sesuai dengan aturan yang berlaku pada PP nomor 60 tahun 2016.

Hanya saja untuk biaya tersebut sudah ditanggung oleh pihak ketika yang bekerja sama dengan Ditlantas Polda jatim.

Baca juga: Catat, Pendaftaran Program SIM Gratis di DKI Dibuka 25 Juni 2020

“Pada pelayanan SIM Khusus ini, kami menggandeng beberapa pihak sponsorship untuk membantu masyarakat dalam proses pembayaran biaya PNBP SIM. Jadi perlu digaris bawahi, bahwa untuk proses perpanjangan SIM tidak gratis akan tetapi dibantu oleh pihak sponsorship dalam pembayaran PNBP SIM,” katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com