Salin Artikel

Pendaftaran SIM Gratis di Jatim Sudah Dibuka

SURABAYA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Jawa Timur (Jatim) memberikan pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus bagi masyarakat yang lahir pada 1 Juli.

Program ini diselenggarakan dalam rangka HUT ke-74 Bhayangkara, yang bertujuan untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim AKBP Adhitya Panji menjelaskan, program ini merupakan pelayanan SIM khusus yang diberikan kepada masyarakat yang lahir pada 1 Juli atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara.

“Tujuannya adalah untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat khususnya pada bidang pelayanan penerbitan SIM,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (22/6/2020).

Masyarakat yang bisa memanfaatkan program SIM khusus ini, selain yang lahir pada 1 Juli juga melaksanakan proses perpanjangan SIM A dan C mulai 14 Juni hingga 3 Juli 2020.

“Pelaksanaan pelayanan SIM Khusus ini diberikan kepada masyarakat yang melaksanakan proses perpanjangan SIM A dan C yang dimulai pada tanggal 14 Juni s.d. 3 Juli 2020 diseluruh Satpas Polres/Ta/Tabes jajaran Polda Jatim,” katanya.

Untuk mekanisme pelayanannya, Adhitya mengatakan, setiap peserta atau masyarakat yang sudah memenuhi syarat lahir 1 Juli juga harus melengkapi sejumlah persyaratan lainnya.

Mekanisme penerbitan SIM sesuai SOP yaitu dengan melengkapi kelengkapan administrasi sebagai berikut

1. KTP asli;

2. SIM asli;

3. Surat keterangan kesehatan

4. Surat tes psikologi.

5. Melakukan pembayaran PNBP SIM (di dukung oleh sponsorship)

“Untuk pendaftarannya sudah dimulai dan dilakukan di setiap Polres yang ada wilayah Jatim,” ucapnya.

Adhitya menegaskan, pelaksanaan SIM khusus ini tetap membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sesuai dengan aturan yang berlaku pada PP nomor 60 tahun 2016.

Hanya saja untuk biaya tersebut sudah ditanggung oleh pihak ketika yang bekerja sama dengan Ditlantas Polda jatim.

“Pada pelayanan SIM Khusus ini, kami menggandeng beberapa pihak sponsorship untuk membantu masyarakat dalam proses pembayaran biaya PNBP SIM. Jadi perlu digaris bawahi, bahwa untuk proses perpanjangan SIM tidak gratis akan tetapi dibantu oleh pihak sponsorship dalam pembayaran PNBP SIM,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/23/091200615/pendaftaran-sim-gratis-di-jatim-sudah-dibuka

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.