Kendaraan Istirahat Selama Pandemi, Waspada Mesin Alami Kondensasi

Kompas.com - 22/06/2020, 18:32 WIB
Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil http://www.jupitergaragesheffield.co.ukIlustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam beberapa bulan terakhir, pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk beraktivitas di rumah. Dengan berkurangnya mobilitas sehari-hari, praktis kendaraan pribadi lebih sering istirahat di garasi.

Walaupun tidak terpakai, perawatan kendaraan mutlak hukumnya. Hal ini dilakukan agar mobil dan motor tetap bisa digunakan dan berfungsi optimal.

Salah satu komponen yang wajib dicek secara berkala adalah oli. Pasalnya, kondisi pelumas dapat menurun kualitasnya meski kendaraan tidak dioperasikan secara normal atau cenderung statis.

Baca juga: Begini Kira-kira Wajah Kijang Innova Terbaru

Ilustrasi ganti oliDeltalube Ilustrasi ganti oli

Yese Simanjuntak, Manager Technical Support TRKM Group selaku prinsipal oli Deltalube, mengatakan, kondisi mobil yang lama terparkir menciptakan kondensasi di mesin yang menyebabkan menurunnya kualitas pelumas.

Kondensasi adalah munculnya uap air akibat perbedaan suhu udara siang dan malam. Jika uap air itu ikut larut dalam pelumas, nilai kekentalan atau viskositas akan turun,” ujar Yese, dalam keterangan tertulis (22/6/2020).

Oleh sebab itu, biasanya pabrikan menganjurkan penggantian oli berdasarkan jarak tempuh ataupun waktu tempuhnya.

Baca juga: Mitsubishi Indonesia Recall Ratusan Ribu Unit Xpander, Apa Masalahnya?

 

Ilustrasi ganti oliDeltalube Ilustrasi ganti oli

Jika sudah memasuki masanya, penggantian oli harus dilakukan, meski kendaraan tidak terpakai. Pasalnya kemampuan oli dalam melumasi komponen mesin telah menurun lantaran viskositas yang berubah.

“Jika merujuk ke buku manual kendaraan, pasti tertulis periode penggantian oli dalam jarak tempuh kilometer atau satuan waktu yang biasanya bulan,” ucap Yese.

“Tertulis mana yang tercapai lebih dahulu. Itu jadi patokan awal, kenapa oli meski tetap diganti meski kendaraan tidak dipakai,” katanya.

Baca juga: Yamaha Indonesia Santuy Tanggapi Penjiplak Nmax

 

Deltalube bagikan master gratis ke sejumlah bengkel dan tokoDeltalube Deltalube bagikan master gratis ke sejumlah bengkel dan toko

Tangkal Virus Corona di Bengkel dan Toko

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X