Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Pakai Roof Box Mobil dari Sisi Keselamatan

Kompas.com - 08/06/2020, 19:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penggunaan roof box biasa dilakukan oleh pemilik kendaraan yang bepergian jauh dengan membawa banyak barang.

Selain menambah tempat penyimpanan pada kendaraan, roof box juga ada manfaatnya dalam sisi keamanan dan keselamatan.

Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, keuntungan dari pemasangan roof box yaitu penempatan barang bawaan tidak bersama penumpang di kabin.

Baca juga: Honda Vario 125 dan Vario 150 Pakai Baju Baru

Pasang roof box jadi langkah bijak tambah volume bagasiAris F. Harvenda Pasang roof box jadi langkah bijak tambah volume bagasi

“Dari sisi keamanan dan keselamatan, penempatan barang bersama penumpang di kabin memiliki risiko. Barang-barang yang merupakan benda padat, ketika terjadi kecelakaan bisa memperparah cedera penumpang,” kata Jusri kepada Kompas.com, Senin (8/6/2020).

Selain benda tadi, Jusri juga mengatakan, barang-barang yang tidak terikat dan ada di kabin bisa mengganggu pengemudi dan penumpang. Barang tersebut akan bergeser dan mengeluarkan suara, sehingga kurang nyaman.

Dengan adanya roof box sebagai penyimpanan barang, pengemudi dan penumpang bisa lebih nyaman dalam melanjutkan perjalanan. Penumpang jadi tidak terganggu harus duduk bersebelahan dengan barang.

Baca juga: Restorasi Mitsubishi Colt T120 Demi Nostalgia Mahasiswa UGM

“Jadi kalau menggunakan roof box, maka cara mengemudinya harus disesuaikan dengan lebih berhati-hati dan harus sesuai dengan kondisi membawa roof box,” ucap Jusri.

Perlu diingat juga, pemasangan roof box harus berhati-hati, sesuai dengan petunjuk prosedur instalasinya. Kemudian menggunakan braket asli yang terjamin, bukan hasil modifikasi yang kurang baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com