Kalender Balap Nasional Siap Bergulir, Ada MXGP di Oktober 2020

Kompas.com - 08/06/2020, 16:41 WIB
Ilustrasi balap MXGP Semarang Foto: Instagam/HRCIlustrasi balap MXGP Semarang
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ikatan Motor Indonesia ( IMI) memastikan kalender balap nasional tahun 2020 akan segera dimulai lagi Juli mendatang.

Sebagai tahap awal, hanya balap roda empat saja yang bisa dihelat dalam waktu dekat. Itu pun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Jeffrey JP, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI), mengatakan, pihaknya akan memulai lagi agenda balap sesuai arahan dari pemerintah, FIA dan FIM, serta komunitas otomotif, dengan mengikuti standar protokol Covid-19.

Baca juga: Toyota Yaris Cross Tepergok Mulai Dikirim ke Diler

Ilustrasi One Make Race Honda Jazz di Sirkuit SentulIstimewa Ilustrasi One Make Race Honda Jazz di Sirkuit Sentul

“Kami harap pertengahan Juli setelah dapat rekomendasi dari pemerintah, kami akan lakukan yang pertama dari Sentul, sesuai dengan permintaan promotor dan penyelenggara,” ujar Jeffrey, kepada Kompas.com (6/6/2020).

“Bulan Juli dan Agustus akan jadi tahap pertama, sementara baru balap ISSOM di Juli dan Karting One Prix di Agustus,” katanya.

Sementara itu, untuk ajang balap lainnya seperti sepeda motor, reli, ataupun offroad, akan dilakukan secara bertahap pada bulan September sampai Desember 2020.

Baca juga: Motor yang Melanggar Ganjil Genap Belum Ditilang sampai Ada Rambu

Para pebalap Yamaha Cup Race (YCR) 2020 seri perdana di sirkuit gokart, Boyolali, Minggu (1/3/2020) saat memulai start dalam kondisi cuaca hujan.KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELI Para pebalap Yamaha Cup Race (YCR) 2020 seri perdana di sirkuit gokart, Boyolali, Minggu (1/3/2020) saat memulai start dalam kondisi cuaca hujan.

“Untuk balap motor dan reli belum kami alokasikan pada Juli-Agustus mendatang. Kami akan alokasikan mungkin di bulan September-Desember 2020,” ucap Jeffrey.

“Kami akan evaluasi event di Sentul Besar dan Sentul Karting, apakah protokol kesehatan new normal ini bisa dilaksanakan dengan baik,” tuturnya.

Jeffrey juga mengatakan, apabila protokol tersebut berhasil diterapkan di industri motorsport, dan kurva penderita Covid-19 menurun, bukan tak mungkin ajang balap lainnya bisa dilakukan kembali.

“Kami akan coba tahapan-tahapan itu, apalagi kami sudah menyetujui jadwal dari luar negeri, yaitu MXGP. Kami akan lihat perkembangannya, IMI sudah menerima usulan MXGP dilakukan pada Oktober,” kata Jeffrey.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X