Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Suzuki Terapkan WFH, Bisa Layanan Test Drive di Rumah

Kompas.com - 24/03/2020, 16:01 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19) membuat pemerintah mengeluarkan ragam kebijakan. Contohnya seperti work from home (WFH), social distancing, bahkan saat ini mulai mengarah ke physical distancing.

Langkah-langah pencegahan penularan ini juga membuat sebagian besar agen pemegang merek (APM) ikut melakukan penyesuaian.

Mulai mengubah jam kantor, WFH, sampai membatasi aktivitas di tingkat diler seperti yang dilakukan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

"Untuk kantor kami sudah WFH, dan ada beberapa kebijakan lain juga terkait operasional. Dari industri, beberapa karyawan yang di Tambun (pabrik) juga sudah mulai WFH juga," kata Direktur Pemasaran PT SIS Donny Saputra, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/3/2020).

Baca juga: Catat, Ini Arti Angka pada Tutup Radiator Mobil

Sedangkan untuk penyesuaian produksi di Cikarang, Donny mengatakan saat ini masih dalam tahap penyesuaian dan diskusi lebih dulu.

Fasilitas produksi baru Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, menyerap investasi 1 miliar dollar AS.M Lulut Fasilitas produksi baru Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, menyerap investasi 1 miliar dollar AS.

"Hari ini kami rapatkan dulu soal penyesuaian produksi jadi berapa dan lain sebagainya," ucap Donny.

Sementara untuk garda depannya, yakni tenaga penjualan yang ada di jaringan diler, Donny menjelaskan bila kantor pusat sudah mulai mengirim surat mengenai pembatasan aktivitas, termasuk jam operasional.

Tak hanya itu, Donny meminta diler untuk lebih konsentrasi dalam penyediaan layanan jemput bola. Baik untuk penjualan atau pun perawatan mobil konsumen Suzuki.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Servis Mobil di Rumah Saja

"Pembatasan di diler juga sudah kami lakukan untuk aktivitas dan jam operasional. Kami dorong mereka untuk menyediakan layanan home service dan home test drive," ujar Donnya.

Suzuki Jimny di IIMS 2019 Suzuki Jimny di IIMS 2019

Konsumen Suzuki bisa memanfaatkan layanan home service untuk melakukan perawatan atau pun pembelian mobil. Donny mengklaim mekanik yang datang ke rumah juga sudah dibekali dengan kelengkapan standar seperi hand sanitizer, masker dan lain sebagainya.

"Untuk mobil yang dibawa ke konsumen atau home test drive sebelumnya juga sudah diwajibkan untuk disemprotkan disinfektan. Pada intinya kita sudah bikin anjurannya," jelas Donny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com