Cegah Virus Corona, Servis Mobil di Rumah Saja

Kompas.com - 22/03/2020, 11:01 WIB
(Ilustrasi) Bengkel Daihatsu bodi repair tunasdaihatsu.com(Ilustrasi) Bengkel Daihatsu bodi repair
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meluasnya ancaman virus corona ( Covid-19) di Indonesia, membuat pemerintah menerapkan beberap kebijakan. Salah satunya, meminta masyarakat untuk melakukan social distancing bahkan sampai menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Langkah ini diambil sebagai upaya pencegahan penularan dengan mengisolasi diri, artinya bila tidak terlalu penting diharapkan masyarakat tak meninggalkan rumah. Tak heran bila beberapa hari di sosial media pun ramai tagar yang bertuliskan #dirumahaja.

Nah, buat masyarakat yang sedang menjalankan WFH namun mobilnya sudah masuk dalam masa perawatan berkala alias servis rutin, tak perlu cemas, karena hal ini bisa dilakukan di rumah aja.

Baca juga: Ikuti Langkah Ini Ketika Mengganti Aki Mobil Sendiri di Rumah

Seperti diketahui, beberapa agen pemegang merek (APM) sudah memiliki layanan home service. Dengan demikian, pemilik mobil bisa tetap melakukan servis berkala tanpa harus meninggalkan rumah.

Teknisi THS yang sedang memperbaiki unit di PTPN VII.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Teknisi THS yang sedang memperbaiki unit di PTPN VII.

Contoh seperti Daihatsu yang menyediakan sarana booking service dan Daihatsu Mobil Service (DMS). Keduanya saat ini sangat dianjurkan bagi konsumen untuk mengurangi terjadinya kontak di tengah maraknya corona.

"Saat ini Daihatsu menganjurkan konsumen melakukan servis dengan dua layanan yang kami punya untuk mengikuti atura WFH dari pemerinah. Bahkan untuk konsumen yang ingin membeli produk Daihatsu juga disarankan via online," ucap Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, kepada Kompas.com, Minggu (21/3/2020).

"Dengan booking service, konsumen memang harus tetap ke bengkel, tapi setidaknya bisa lebih cepat karena sudah memesan dan waktunya disesuaikan dengan permintaan konsumen. Bagi masyarakan yang tak bisa keluar, bisa memanfaatkan layanan DMS yang akan datang ke rumah konsumen untuk melakukan perawatan berkala," kata dia.

Baca juga: Tampil Lebih Mewah, Ini Target Penjualan Daihatsu Ayla Facelift

Proses pemesanan booking online Daihatsu bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti menghubungi langsung bengkel yang dituju, melakukan pemesanan online dari situs astra- daihatsu.id, aplikasi Astara Daihatsu Mobile, atau langsung ke hotlaine Daihatsu di 1500898.

Aktivitas bengkel SuzukiIstimewa Aktivitas bengkel Suzuki

"Untuk konsumen yang kesulitan ke bengkel, bisa langsung meminta layanan home service saat konsumen mengkonfirmasi ulang jadwal booking yang sudah dipesan. Servis ini bisa dilakukan di rumah, kantor, atau lokasi lain sesuai kesepakatan," ucap Hendrayadi.

Tak hanya Daihatsu, langkah ini juga diterapkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Menurut Business Inovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy, dengan kondisi yang seperti ini, HPM sudah lebih meningkatkan lagi layanan servis jemput bolanya.

"Layanan home service sudah kami lakukaan, dan saat ini secara intensitas juga sudah lebih tingkatkan lagi," ucap Billy.

Baca juga: Cara Ampuh Bunuh Bakteri dan Virus Corona di Kabin Mobil

Aplikasi HondaMTM yang diluncurkan jaringan diler Honda Megatama Group untuk melayani konsumen yang ingin datang menservis kendarannya.Kompas.com/Alsadad Rudi Aplikasi HondaMTM yang diluncurkan jaringan diler Honda Megatama Group untuk melayani konsumen yang ingin datang menservis kendarannya.

Sementara itu, 4W Marketing Director SIS Donny Saputra mengatakan, layanan home servis Suzuki bisa dimanfaatkan konsumen yang memang tak bisa meninggalkan rumah karena kondisi yang sedang tak menentu akibat corona.

"Layanan home service kami rata-rata dipakai untuk kondisi darurat seperti aki habis dan lain-lain. Melihati kondisi saat ini, home service juga bisa digunakan selama itu hanya servis ringgan atau berkala, kalau perbaikan berat mobil konsumen kita jemput dan perbaikan tetap di bengkel," kata Donny.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X