Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Penyebaran Virus Corona, Begini SOP Diler Mobil saat Servis di Rumah

Kompas.com - 24/03/2020, 11:22 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jumlah korban yang terkena virus corona atau Covid-19 meningkat dari waktu ke waktu. Sejumlah orang mulai beraktivitas di rumah untuk mencegah penularannya.

Termasuk dalam urusan perawatan mobil kesayangan, konsumen mulai banyak beralih menggunakan jasa servis di rumah.

Riecky Patrayudha, Service Department Head 2W, 4W, and Marine PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan dalam situasi tanggap darurat seperti sekarang layanan servis di rumah cukup diminati konsumen.

Baca juga: Pelek Buatan Karawang Punya Kualitas Internasional

Aktivitas bengkel SuzukiIstimewa Aktivitas bengkel Suzuki

Pemilik mobil Suzuki dapat melakukan servis di rumah dengan menghubungi diler terdekat, atau mengontak layanan customer service lewa Halo Suzuki. Nanti dari sana konsumen akan diarahkan lebih lanjut untuk servis di rumah.

“Jumlah konsumen yang melakukan home service meningkat, jauh meningkat jika dibanding hari biasa atau saat situasi normal,” ujar Riecky kepada Kompas.com (22/3/2020).

Demi memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen, menurutnya mekanik yang dikirim ke rumah-rumah konsumen telah diberikan pembekalan yang baik, terutama untuk mencegah virus corona.

Baca juga: Ini Bagian Mobil yang Wajib Dibersihkan untuk Cegah Covid-19

Armada THS Auto2000 di Lampung.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Armada THS Auto2000 di Lampung.

“Mekanik yang datang sudah kami imbau untuk menggunakan masker dan sarung tangan. Paling penting limbah, seperti oli, kampas rem, bungkus-bungkus suku cadang, sesuai SOP-nya itu kami bawa kembali,” katanya.

Sementara itu Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian, peminat Toyota Home Service (THS) saat ini masih kalah banyak jika dibandingkan dengan konsumen yang datang langsung ke diler.

“Mungkin konsumen juga khawatir kalau servis di rumah, jadi merasa lebih baik ke diler, sambil beli keperluan atau refreshing karena bosan di rumah,” ucap Deni kepada Kompas.com (23/3/2020).

“Padahal ada layanan THS, tidak dikenakan biaya tambahan. Dalam rangka pencegahan kami juga memastikan mekanik yang datang dalam keadaan sehat, dan menyemprotkan disinfektan ke alat-alat dan seluruh peralatan mereka,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com