Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geliat Tren Sepeda Motor ”Adventure” Murah

Kompas.com - 11/08/2015, 14:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor model adventure mulai menggeliat. Entah siapa yang memulai, tiba-tiba banyak rumor yang menyatakan bahwa beberapa produsen bersiap menelurkan sepeda motor penjelajah dengan mesin berkapasitas kecil.

Jika benar, artinya permintaan sepeda motor adventure dengan harga yang terjangkau semakin besar. Memang, selama ini pengguna tunggangan model petualangan hanya disuguhi model-model ber-cc besar. Hal tersebut wajar, karena untuk menjelajah butuh tenaga dan torsi berlimpah.

Namun seiring perkembangan, esensi dari petualangan yang sesungguhnya pun mulai berkurang. Rupanya banyak orang yang tak butuh tenaga sebesar BMW R1200GS, teknologi secanggih KTM 1190 Adventure, atau kemampuan mendaki sepintar Triumph Tiger Explorer 1200.

Seperti dialami model-model sport ber-fairing, pengguna masa kini butuh gaya. Itulah yang membuat banyak model-model sport murah 250 cc. Tunggangan boleh adventure, namun tak bakal digunakan menjelajah Gurun Sahara, cukup petualangan kecil di medan yang tak terlalu berat sudah bikin puas.

Singkat cerita, ternyata ada kebutuhan model-model petualangan dengan kapasitas mesin kecil. Sebagai contoh, saat PT Astra Honda Motor menjual moge di Indonesia, 80 persen yang laku adalah CB500X yang notabene bertampang adventure.

indianautosblog Rendering Kawasaki Versys 250 sebagai model petualang berkubikasi kecil.
Rumor

Rumor yang merebak belakangan adalah mulai diliriknya segmen entry level adventure kelas 250 cc. Suzuki dan Kawasaki dilaporkan sedang membangun sepeda motor di segmen ini, menggunakan mesin 2-silinder Ninja dan Inazuma.

Setelah media di India mengisukan soal Kawasaki Versys 250 model adventure beberapa waktu lalu, kini giliran Suzuki dilaporkan media di Jepang membangun Strom 250. Mungkin lebih ke G-Strom ketimbang V-Strom, karena V-Strom menggunakan mesin 2 silinder V-Twin, bukan 2 silinder pararel twin.

Sebelumnya Honda juga sudah mengintai dengan konsep CX-01 yang akan menjelma sebagai CB300X saat diproduksi. Atau, Yamaha juga diisukan membangun R3 model adventure dengan basis Tenere XTZ320.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com