Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Negatif Sering Biarkan Tangki BBM Mobil Kosong

Kompas.com - 04/09/2024, 16:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik mobil yang kerap menunda atau biasa mengisi bahan bakar minyak (BBM) tak selalu penuh alias full, ternyata bisa berdampak buruk.

Pasalnya, sering mendiamkan tangki bensin dalam kondisi kosong ternyata berpotensi menimbulkan kerusakan bagi beberapa komponen lainnya.

Hal ini dikarenakan adanya udara yang masuk ke ruang kosong di dalam tangki hingga akhirnya menyebabkan terjadi proses kondensasi yang membuat munculnya buliran air.

"Dalam udara ada kadar air, setelah terkondensasi akan ada buliran kecil kecil yang tercampur di dalam bahan bakar. Air akan menempel di dinding tangki dan secara terus menerus terakumulasi jumlahnya," ujar Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Motor Tidak Dipakai dalam Waktu Lama, Bensin Bisa Basi

Ilustrasi indikator bensin mobilYoutube.com Ilustrasi indikator bensin mobil

Bila didiamkan, keberadaan air pada tangki bahan bakar mobil tak hanya bisa menimbulkan karat, terutama bagi tangki yang masih menggunakan material besi, tapi juga penyumbatan hingga kerusakan komponen lainnya.

Menurut Suparna, karat yang muncul membuat tangki cepat bocor. Kotoran yang terikat bersama air juga menimbulkan lumpur dan berpotensi menghambat saringan bahan bakar.

"Setelah itu, kotoran yang tidak tersaring akan terbawa ke sistem bahan bakar dan membuat buntu komponen lain, seperti injektor, common rail, dan lainnya," ujarnya.

Imbas dari masalah tersebut akan berlanjut pada penurunan performa mesin, emisi meningkat, hingga konsumsi bensin menjadi boros.

Baca juga: Lampu Indikator BBM Menyala, Seberapa Jauh Mobil Masih Bisa Melaju?

Karena itu, Suparna menjelaskan, ada baiknya jangan terlalu sering membiarkan kondisi tangki bahan bakar kosong apalagi dalam waktu yang lama.

Ilustrasi bahan bakar minyak. Nilai oktan bahan bakar kendaraan mempunyai dampak terhadap polusi udara.SHUTTERSTOCK/jittawit21 Ilustrasi bahan bakar minyak. Nilai oktan bahan bakar kendaraan mempunyai dampak terhadap polusi udara.

"Sering-sering diisi penuh tangkinya. Apabila kendaraannya jarang dipakai, akan lebih baik jika diisi penuh tangkinya, jangan dibiarkan kosong," ujar Suparna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau