Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bus Listrik di Indonesia Makin Murah, Transisi Bisa Dipercepat

Kompas.com - 15/09/2024, 18:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Operasi PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), Daud Joseph menyatakan, saat ini ekosistem bus listrik di Indonesia sudah semakin kompetitif. Sehingga dari sisi harga, pengadaannya lebih terjangkau.

Hal tersebut diperolehnya setelah pihak perusahaan menandatangani kerja sama untuk pengadaan 200 unit bus listrik baru yang akan beroperasi di koridor atau jalur Transjakarta tahun ini.

"Ekosistem bus listrik itu ternyata semakin supportive kepada kami. Contohnya sudah lebih murah membuat charging station, sudah lebih efisien sekarang untuk melakukan perawatan perbaikan bus," kata dia di Kantor Kemenko Marves, Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Airlangga Sebut Insentif Dorong Investasi EV di Indonesia

Bus listrik VKTRDOC. PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) Bus listrik VKTR

"Kami telah menandatangani kontrak bus listrik tambahan 200 unit dan harganya yang kami sepakati itu 16 persen lebih rendah daripada generasi pertama (100 unit)," lanjut Daud.

Selain itu, selama pemakaian juga tidak didapat keluhan yang sangat signifikan terhadap bus listrik. Kekhawatiran masyarakat sudah luntur mengena kendala-kendala dalam memakai kendaraan listrik sebagai alat transportasi.

"Contohnya, dulu waktu kami mau mengoperasikan 100 bus listrik pertama orang selau hadir dengan ketakutan kalau bus listrik itu kebakaran. Ternyata tidak pernah terjadi," kata dia.

"Kemudian ada yang beranggapan baterai kendaraan listrik di negara tropis akan lebih boros, ternyata tidak juga. Begitu pun kekhawatiran soal kesetrum ketika hujan," tambahnya.

"Jadi di fase dua ini bukan hanya kita berhasil mengganti bus berpolusi jadi bus bebas polusi, tapi juga membuat bus-bus listrik lebih murah operasionalnya dibanding bus solar meskipun ketika menggunakan solar subsidi," ucap Daud.

Baca juga: Awas, Terlalu Lama di Jalan Tol Bisa Bikin E-toll Kedaluwarsa

Lima unit bus listrik didatangkan PT Blue Bird Tbk untuk mendukung mobilitas pintar di Ibu Kota Nusantara (IKN).KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Lima unit bus listrik didatangkan PT Blue Bird Tbk untuk mendukung mobilitas pintar di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Oleh karena itu perusahaan bertekad akan terus meremajakan Transjakarta yang kini telah beroperasi menjadi bus listrik sepenuhnya secara bertahap.

Saat ini, dari 4.700 unit bus Transjakarta yang beroperasi baru akan ada 300 unit yang menjadi listrik hingga akhir tahun ini.

"Masih ada 4.400 unit lagi yang kami konversi dan menggunakan fondasi tadi, ini akan memperkuat justifikasi kami menjadi EV," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau