Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail Maung MV3 Pope Mobile yang Dipakai Paus Fransiskus

Kompas.com - 04/09/2024, 16:05 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia, Paus Frasiskus akan menghadiri Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, 5 September 2024.

Saat melakukan Misa Akbar, Paus Fransiskus akan menggunakan mobil buatan PT Pindad, yaitu Maung MV3 Pope Mobile.

Baca juga: Kecelakaan Porsche vs HR-V, Harus Punya Etika Saat Lewat Perempatan

Maung merupakan kendaraan taktis yang diinisiasi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan telah dimodifikasi khusus untuk mengakomodir kebutuhan mobilitas Paus Fransiskus.

Maung MV3 Pope Mobile yang akan digunakan Paus Fransiskus.Foto: Dok Pindad Maung MV3 Pope Mobile yang akan digunakan Paus Fransiskus.

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose, mengatakan penugasan ini merupakan suatu kehormatan bagi Pindad karena produk kendaraannya dipercayai oleh Paus Fransiskus untuk mendukung kegiatan Misa Akbar.

“Terimakasih kepada Vatikan beserta panitia kunjungan keagamaan beliau di Indonesia yang telah mempercayai Maung MV3 produksi PT Pindad untuk disesuaikan menjadi Pope Mobile yang digunakan Paus pada Misa Akbar di GBK,” kata Abraham Mose, dalam keterangan resmi, Rabu (4/9/2024).

Baca juga: Ketahui Bahaya Debu yang Menempel di Rem Mobil

Maung MV3 Pope Mobile yang dipakai Paus Fransiskus berwarna putih dengan logo Maung Pindad di bagian grill depan kendaraan.

Mobil dilengkapi bendera dan segel Vatikan serta plat nomor "SCV1" yang merupakan singkatan dari “Status Latin Civitatis Vaticanae” (Negara Kota Vatikan).

Kendaraan Operasional (Ranops) MV3 - Maung Tangguh buatan PT Pindad yang membawa duplikat bendera pusaka merah putih dan naskah proklamasi dalam kirab dari Monas menuju ke Halim Perdanakusuma dan berlanjut ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (10/8/2024).Dok. PT Pindad Kendaraan Operasional (Ranops) MV3 - Maung Tangguh buatan PT Pindad yang membawa duplikat bendera pusaka merah putih dan naskah proklamasi dalam kirab dari Monas menuju ke Halim Perdanakusuma dan berlanjut ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (10/8/2024).

Mobil yang dipakai ialah Maung generasi ketiga atau (MV3) yang memiliki kelebihan dari segi body tangguh dan dapat bermanuver di berbagai medan ekstrem. Disebutkan bahwa generasi ketiga ini lahir dari Prabowo yang meminta beragam inovasi dan perbaikan.

Maung MV3 varian Tangguh ini yang kemudian dimodifikasi untuk mendukung kebutuhan mobilisasi Paus Fransiskus saat Misa Akbar di Indonesia.

Adapun modifikasi dan fitur yang ditambahkan pada Maung MV3 Pope Mobile yaitu penambahan fitur tangga lipat untuk mengakses panggung yang dilengkapi kursi utama di bagian belakang kendaraan.

Kemudian juga sunroof pada kabin pengemudi, rear step untuk penjaga Paus, roof protector antisipasi hujan, dan kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten Paus.

Baca juga: Berapa Lama Umur Ban Mobil jika Dipakai Harian?

Maung MV3 Pope Mobil, mobil semi terbuka yang akan dipakai Paus Fransiskus saat Misa Akbar di GBK, Jakarta, Kamis (5/9/2024) besok. Dok. Pindad Maung MV3 Pope Mobil, mobil semi terbuka yang akan dipakai Paus Fransiskus saat Misa Akbar di GBK, Jakarta, Kamis (5/9/2024) besok.

Spesifikasi umum kendaraan Maung MV3 Tangguh menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc, mampu melaju pada kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km.

MV3 - Maung Tangguh yang digunakan merupakan varian dengan atap terbuka, dapat mengangkut empat orang personel.

Kendaraan ini juga tersedia dengan varian lainnya yakni Maung MV3 Komando yang dilengkapi dengan atap Hard Top, dan Maung MV3 Jelajah yang dilengkapi dengan atap Soft Top.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau