Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Simak Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Puncak Bogor

Kompas.com - 15/09/2024, 07:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor menerapkan rekayasa lalu lintas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat selama libur panjang akhir pekan ini hingga Senin (16/9/2024).

Hal tersebut sehubungan dengan libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jauh pada tanggal 16 September 2024 besok. Adapun rekayasa lalinnya adalah ganjil genap sampai one way.

Kepala urusan pembinaan operasi (KBO) Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian menyebut dalam waktu satu jam saat ini rata-rata kendaraan yang melintas di jalur puncak mencapai 2.800 kendaraan

Baca juga: Apa Benar Ngobrol Bisa Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Mengemudi?

Situasi arus lalu lintas di ruas Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (24/4/2023) siangKOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di ruas Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (24/4/2023) siang

"Untuk pelaksanaannya kami akan laksanakan secara situasional, melihat perkembangan dan peningkatan volume kendaraan yang masuk," ungkap Ardian dalam keterangannya, Sabtu (15/9/2024).

Menurut dia, dalam kurun waktu satu jam pada pukul 06.00 WIB-07.00 WIB jumlah kendaraan yang masuk ke jalur Puncak mencapai 2.800 unit.

Satlantas Polres Bogor pun langsung melakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap kendaraan di Jalur Puncak sejak pukul 06.00 WIB, kemudian dilanjut sistem satu arah atau one way mengarah ke Puncak pada pukul 07.30 WIB.

"Mengingat memang ambang batas di jalur Puncak itu dalam satu jam kurang dari 2.000 atau 1.500 kendaraan yang melintas, baik itu roda dua, empat maupun enam," ungkap Ardian.

Lebih jauh, dikatakan penerapan sistem ganjil-genap akan diberlakukan di beberapa titik pintu masuk seperti Exit GT Tol Ciawi Km 46+500, Simpang Gadog, dan Jalan Ciawi.

Baca juga: 4 Cara Aman Berkendara Melewati Jalan Berkelok

Ilustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris.ITV.com/PA Ilustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris.

Sistem ini mengharuskan kendaraan pribadi untuk menyelaraskan pelat nomor dengan tanggal di kalender, dimana pelat nomor genap diizinkan melintas pada tanggal genap dan sebaliknya.

Selain itu, Polres Bogor juga akan menerapkan skema one way atau satu arah di sepanjang ruas jalan Raya Puncak Bogor secara situasional.

Rekayasa lalu lintas contraflow atau lawan arus juga akan diberlakukan, khususnya pada exit GT Tol Ciawi hingga Km 46 arah Ciawi, Kabupaten Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau