Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Mengantuk, Bus Harapan Jaya Tabrak Truk di Tol Batang-Semarang

Kompas.com - 15/09/2024, 18:01 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BATANG, KOMPAS.com - Kecelakaan akibat sopir mengantuk saat menyetir masih sering terjadi, seperti yang terjadi pada Bus PO Harapan Jaya di Jalan Tol Semarang-Batang KM 346, Sabtu (14/9/2024).

Dalam unggahan akun Instagram @batang.update, dijelaskan kronologi kecelakaan berawal saat Bus Harapan Jaya dengan nomor polisi AG 7063 US yang berjalan dari arah barat ke timur di lajur kiri.

Baca juga: Ingat, Salah Jalur di Jalan Tol Jangan Nekat Putar Balik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BATANG UPDATE (@batang.update)

 

“Sesampainya di TKP diduga pengemudi kurang konsentrasi (mengantuk) kemudian mena +rak bodi belakang KBM Truck Mitsubishi Tronton K-8099-EC yang berjalan searah di depannya di lajur kiri,” tulis akun tersebut.

Akibat kecelakaan tersebut, terlihat bagian depan bus ringsek akibat menabrak truk yang mengangkut paralon.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, mengantuk bisa membuat pengemudi berada di posisi setengah sadar.

“Artinya, mata tidak bisa membaca lalu lintas dengan benar dan otak sudah tidak dapat merespon situasi lingkungan,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: 3 Penyebab Ban Mobil Aus Tidak Merata

Sony juga mengatakan, jika pengemudi mengantuk maka setengah dari pikirannya sudah berada di bawah alam sadar. Ini tentu saat mengemudi, jadi tidak bisa membaca situasi lalu lintas di depannya.

“Perilakunya loss, ketika mengemudi ya hanya lurus tanpa kontrol, dan berhenti ketika sudah menabrak objek di depan atau samping kiri kanannya,” kata Sony.

Sony menjelaskan, mengantuk sebenarnya disadari pengemudi, tapi malas beristirahat. Ada saja pengemudi yang merasa tanggung atau ingin cepat sampai tujuan padahal sudah mengantuk.

“Banyak yang bertindak menyiasati dengan ngerokok, ngobrol, ngopi, bernyanyi dan lain-lain, padahal otak sudah melemah. Cara benar menyiasati kantuk adalah harus berhenti, tidur atau lakukan refresh merangsang otot, otak dan syaraf,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau