Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transjakarta Bakal Uji Coba Angkot Listrik

Kompas.com - 15/09/2024, 18:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) bersiap melakukan uji coba mikrotrans atau angkutan kota (angkot) bertenaga listrik untuk pertama kalinya dalam waktu dekat.

Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta Ayu Wardhani menyebut uji coba pada tahap pertama akan dilakukan dalam waktu dekat dengan memakai tiga unit armada.

Ayu belum bersedia merinci ketiga unit armada ini akan melayani rute mana saja, dan waktu tepat uji coba dilaksanakan. Namun untuk model kendaraannya adalah Gelora Electric milik PT Sokonindo Automobile (DFSK).

Baca juga: Transjakarta Tambah 200 unit Bus Listrik Tahun Ini

Lahan yang sempit menjadi penyebab belum adanya tempat menunggu yang layak untuk penumpang Jaklingko di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara.KOMPAS.com/ SHINTA DWI AYU Lahan yang sempit menjadi penyebab belum adanya tempat menunggu yang layak untuk penumpang Jaklingko di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara.
 

"Ketiga unit armada mikrotrans listrik dilengkapi dengan pendingin udara (air conditioner/AC) dan memiliki kapasitas pelanggan sebanyak 11 orang penumpang," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (14/9/2024).

Uji coba itu setelah pihaknya menandatangani nota kesepahaman dengan DFSK selaku agen tunggal pemegang merek DFSK di Indonesia pada Kamis (12/9/2024).

Ayu menyebutkan, mikrotrans itu memiliki kapasitas baterai 42 kWh dengan daya tempuh 300 Kilometer. Unit ini juga dilengkapi dengan pengisian daya cepat selama 2,5 jam.

Dia mengklaim pihaknya terus berinovasi guna menghadirkan layanan mikrotrans terbaik bagi seluruh pelanggan. Sebelumnya, terdapat sebanyak 180 unit mikrotrans AC yang beroperasi di delapan rute.

TransJakarta hingga saat ini sudah mengoperasikan 100 unit bus listrik dan hingga akhir tahun ini akan menambah bus listrik 200 unit sehingga total akan menjadi 300 unit.

Baca juga: PO Aerobus Resmi Luncurkan Trayek Aceh - Medan Pakai Bus Tingkat

Kolaborasi Sokonindo dan Karoseri CKM, hadirkan DFSK Gelora E VIP Luxury, Harga mulai Rp 593 jutaDFSK Kolaborasi Sokonindo dan Karoseri CKM, hadirkan DFSK Gelora E VIP Luxury, Harga mulai Rp 593 juta
 

"Ini bagian dari upaya mewujudkan target Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yakni 100 persen armada TransJakarta bus listrik pada 2030 sekaligus menuju elektrifikasi transportasi publik masa depan," kata Ayu.

Sebelumnya, Direktur Operasional dan Keselamatan Transjakarta, Daud Joseph juga sempat menyampaikan pihak perusahaan telah menandatangani MoU untuk mikrotrans atau biasa dikenal Jaklingko berbasis listrik di Jakarta.

"Bahkan kami sudah menemukan rupiah per kilometer-nya akan jauh lebih efisien dibanding bensin. Karena angkot-angkot atau Jaklingko itu menggunakan Pertalite yang juga tentunya subsidi dan sulfurnya masih tinggi," kata dia.

"Sehingga ketika dirubah menjadi mikrotrans EV akan ber-impact double selain efisien tapi juga polusinya lebih rendah," lanjut Daud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau