Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Efisiensi dan Kenyamanan Toyota Rav4 GR Sport PHEV

Kompas.com - 04/09/2024, 15:21 WIB
Aris F Harvenda

Editor

Cirebon, KOMPAS.com - Sejak diperkenalkan tahun 2023 lalu, berita mengenai Toyota Rav4 GR Sport PHEV seolah menguap begitu saja. Maklum, Toyota Astra Motor (TAM) sendiri menjelaskan bahwa kuota SUV elektrifikasi tersebut memang tidak banyak. Bahkan untuk unit test drive-nya hanya 1 unit.

Namun beruntung, awak redaksi sempat menjajal RAV4 PHEV ini dengan rute perjalanan yang cukup jauh, Jakarta - Cirebon dengan melintasi jalan tol.

Baca juga: Stok Hampir Habis, Pemesan RAV4 PHEV Baru Dapat Unit Tahun Depan

Keterbatasan waktu dan kesempatan, membuat saya hanya bisa menikmati perjalanan dari jok penumpang baris kedua. Kendati demikian, semua informasi bisa didapat dari komentar teman media yang saat itu mencoba bersama.

Tes jalan Toyota RAV4 GR Sport PHEV 2024Kompas.com - AFH Tes jalan Toyota RAV4 GR Sport PHEV 2024

Hal yang menjadi bahan pembicaraan adalah performa mesin dan juga motor listrik yang berada di balik kap depan. Saat bertolak dari Cilandak Town Square, Jakarta, rekan media yang bertugas mengemudi saat itu menggunakan mode listrik.

60 km

Toyota mengklaim, dengan kondisi baterai penuh, RAV4 PHEV bisa menempuh jarak 60 km. Tentunya keutamaan ini bisa memberikan efisiensi dan juga pengurangan emisi gas buang yang cukup signifikan.

Rasa berkendara saat mode listrik diaktifkan tidak jauh berbeda dengan ketika mengemudikan mobil listrik murni (BEV). Torsi melimpah langsung terasa ketika pedal gas diberi tekanan spontan untuk berakselerasi.

Mesin Toyota RAV4 GR Sport PHEV 2024Kompas.com - Ruly Mesin Toyota RAV4 GR Sport PHEV 2024

Gaya mengemudi yang cukup agresif dan juga kondisi kemacetan di jalan saat itu memaksa RAV4 PHEV mengaktifkan mesin konvensional ketika sudah menempuh jarak 42 km.

Kondisi itu terus berlanjut hingga Cirebon dan hasilnya MID memberi informasi penggunaan BBM 19 kpl. Angka moderat untuk gaya berkendara agresif dan bobot 4 orang penumpang dengan rata-rata 80 kg.

Jok Toyota RAV4 GR Sport PHEV 2024Kompas.com - AFH Jok Toyota RAV4 GR Sport PHEV 2024

Kenyamanan penumpang belakang

Ternyata, menjadi penumpang belakang di RAV4 GR Sport PHEV cukup menyenangkan. Pertama, untuk orang dewasa dengan tinggi 175 cm, Anda akan mendapatkan posisi duduk yang nyaman. Mulai dari sandaran dan juga penampang jok yang menopang paha dengan baik.

Kedua, ruang kaki dan juga ruang kepala cukup lapang. Sayangnya, tidak ada sandaran tengah sehingga tangan satu lagi agak menggantung. Terakhir, bahan jok nyaman dan busa cukup empuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau