Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Tidak Dipakai dalam Waktu Lama, Bensin Bisa Basi

Kompas.com - 18/08/2024, 18:01 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membiarkan motor terparkir dan tidak digunakan dalam waktu lama, ternyata dapat menimbulkan berbagai masalah pada mesin. Meskipun terlihat sepele, namun efek dari tidak digunakannya motor secara berkepanjangan bisa cukup serius dan merugikan.

Wahyu Budhi, Technical Center Instructor PT Wahana Makmur Sejati, mengatakan bahwa salah satu masalah yang paling umum terjadi adalah penurunan kualitas bahan bakar (BBM) yang tersimpan di dalam tangki.

BBM yang tidak dipakai dalam waktu lama akan mengalami perubahan sifat, mengurangi performanya, dan berpotensi merusak sistem bahan bakar pada motor.

Baca juga: Jadwal MotoGP Austria, Balapan Pukul 19.00 WIB

"Motor yang diam lebih dari sebulan akan jarang melakukan pengisian BBM. BBM yang lama tidak dipakai bisa menjadi basi, terutama jika didiamkan lebih dari satu bulan. Kualitas BBM akan menurun, dan setelah enam bulan, BBM tersebut mungkin sudah tidak bisa digunakan lagi," kata Wahyu Budhi kepada Kompas.com, Sabtu (17/8/2024).

Wahyu juga menjelaskan bahwa masalah lain yang muncul akibat motor yang terlalu lama diam adalah kerusakan pada bagian mesin, terutama silinder.

Ilustrasi silinder mesin motor.tokopedia Ilustrasi silinder mesin motor.

"Selain BBM yang cepat basi, mesin motor juga rentan mengalami kerusakan. Kalau motor dibiarkan diam terlalu lama, bagian silinder bisa mengalami kerusakan," ujarnya.

Silinder, yang merupakan komponen penting dalam proses pembakaran mesin, membutuhkan pergerakan piston yang terus menerus untuk menjaga kondisi optimalnya.

Namun, jika motor dibiarkan diam dalam waktu lama, piston akan tetap pada posisinya di dalam silinder. Hal ini dapat menyebabkan ausnya permukaan cylinder yang berakibat pada kerusakan serius seperti kebocoran kompresi.

Baca juga: Pacu Wisata Lokal Temanggung, Front One Resort Indraloka Gandeng Vendor Jeep

"Silinder dan piston adalah bagian yang harus bekerja keras dalam proses pembakaran, dan jika motor tidak digunakan dalam waktu lama, keduanya bisa mengalami kerusakan akibat gesekan yang tidak merata," jelas Wahyu.

Wahyu menyarankan agar pemilik motor tetap menjaga motor dengan cara sesekali menyalakan mesin dan memastikan bahwa BBM tidak dibiarkan terlalu lama di dalam tangki. Dengan perawatan yang tepat, kerusakan akibat motor yang lama tidak digunakan dapat dihindari, sehingga motor tetap dalam kondisi prima saat akan digunakan kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau