Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Mobil Kabur Usai Isi BBM di SPBU Pertamina

Kompas.com - 03/07/2024, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan pengendara mobil kabur usai mengisi BBM. Kejadian ini mengingatkan kita pentingnya prosedur operasi standar.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @jabodetabek.terkini, Rabu (3/7/2024). Terlihat mobil jenis LCGC langsung tancap gas ketika petugas baru saja selesai mengisikan BBM.

Baca juga: Setelah Motor Isi Bensin, Tutup Tangki atau Dorong ke Depan Dulu?

"Mobil Daihatsu Sigra warna putih dengan NOPOL B1098RZB, telah mengisi bensin pada Senin, 01/07/2024 pukul 02.00 WIB di SPBU Underpas Bekasi Timur, senilai 300rb (tidak bayar/ melarikan diri)," tulis keterangan pada unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jabodetabek Terkini (@jabodetabek.terkini)

Manager Corporate Communication Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari, mengatakan, secara prosedur, SPBU seharusnya memasang cone di depan kendaraan konsumen sebelum dilakukan pengisian.

"Hal ini dimasudkan agar lebih safety saat proses pengisian hingga selesai. Kami akan mengingatkan lagi ke seluruh SPBU untuk pemasangan cone ini," ujar Heppy, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (3/7/2024).

Baca juga: Nissan Berhenti Kembangkan Mesin Bensin, Ini Alasannya

"Terkait kasus konsumen kabur tanpa membayar, kami ikut prihatin dengan kejadian ini dan berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Pelacakan konsumen yang tidak membayar dapat dilakukan SPBU melalui rekaman CCTV," kata Heppy.

Video viral pengendara mobil kabur usai isi BBMDok. @jabodetabek.terkini Video viral pengendara mobil kabur usai isi BBM

Budiyanto, pengamat masalah transportasi dan hukum, mengatakan, mengisi bensin kemudian tidak membayar tergolong ke dalam pidana umum pencurian Pasal 362 KUHP. Dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun.

"Antisipasinya dengan cara antara lain pasang CCTV .Cara lain yang konvensional, semua kendaraan yang mengisi BBM wajib mematikan mesin dan depannya dipasang penghalang atau tiang, dan sebagainya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com