Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan Pabrik Baterai EV Pertama di Indonesia

Kompas.com - 03/07/2024, 11:08 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan fasilitas pabrik baterai mobil listrik pertama di Tanah Air yang dioperasikan oleh Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Rabu (3/7/2024).

Bertempat di kawasan Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat, upaya ini menandakan babak baru industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV) nasional. Membuat visi untuk menjadi pemain utama EV global semakin nyata.

Baca juga: Aleix Espargaro Resmi Jadi Pebalap Tes Honda Mulai 2025

"Sekarang dengan dibangunnya pabrik sel baterai EV, kita akan menjadi pemain yang penting dalam global supply chain untuk kendaraan listrik," katanya dalam gelaran Peresmian Ekosistem Baterai dan Kendaraan Listrik Korea Selatan di Indonesia, Karawang, Jawa Barat, Rabu.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan fasilitas pabrik baterai mobil listrik pertama di Tanah Air yang dioperasikan oleh Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Rabu (3/7/2024).Foto: Kompas.com/Ruly Kurniawan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan fasilitas pabrik baterai mobil listrik pertama di Tanah Air yang dioperasikan oleh Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Rabu (3/7/2024).

"Kita memiliki sumber daya yang melimpah, tetapi berpuluh-puluh tahun kita itu hanya ekspor dalam bentuk mentah sehingga tidak ada nilai tambah. Sekarang, kita punya pabrik sel baterai EV pertama dan terbesar di Asia Tenggara," lanjut Jokowi.

Dengan adanya fasilitas ini, Jokowi juga percaya bahwa Indonesia memiliki nilai kompetitif yang sangat tinggi di kawasan Asia Tenggara. Sebab, integrasi atas industri kendaraan listrik sudah terhubung dari hulu sampai hilir.

Adapun integrasi dimaksud, mulai dari tambah, ketersediaan nikel, produksi atas bauksit, smelter, katoda dan prekuser, sampai produksi sel baterai mobil listrik dan pabrik mobilnya sendiri.

Baca juga: Aleix Espargaro Resmi Jadi Pebalap Tes Honda Mulai 2025

"Saya sangat menghargai investasi Rp 20 triliun untuk pabrik mobil Hyundai dan Rp 160 triliun (komitmen) yang akan diselesaikan secara bertahap," ucapnya.

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers usia meresmikan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Indonesia PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power berlokasi di Karawang, Jawa Barat pada Rabu (3/7/2024).Kompas.com/Dian Erika Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers usia meresmikan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Indonesia PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power berlokasi di Karawang, Jawa Barat pada Rabu (3/7/2024).

Dalam kesempatan serupa, Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa total investasi Hyundai di Tanah Air mencapai sekitar 11-12 miliar dollar AS.

Pada investasi tersebut, 9,8 miliar dollar AS-nya atau setara Rp 142 triliun ialah fasilitas integrasi pengolahan baterai kendaraan listrik. Dana sel baterai terkait, mencakup 3,2 miliar dollar AS.

"Hari ini adalah menandakan babak baru di mana kita sama-sama menyaksikan proses peresmian pabrik baterai mobil yang terintgrasi," ucap Bahlil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com