Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Sprint Race MotoGP Belanda 2024, Bagnaia Menang

Kompas.com - 29/06/2024, 20:26 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia yang memulai balapan dari pole position langsung melaju memimpin jalannya balapan. Bagnaia mampu start dengan sempurna dan melewati tikungan pertama di urutan terdepan.

Posisi kedua tetap ditempati oleh Jorge Martin, diikuti Alex Marquez di belakang. Pada lap pertama, Martin sempat nyaris terjatuh. Momen tersebut membuatnya sedikit kehilangan waktu dan membuat dirinya jadi lebih berjarak dengan Bagnaia.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2024, Bagnaia Pole Position

Namun, Martin sanggup memperbaiki kesalahannya dan terus mengikuti Bagnaia. Pada lap kedua, Marc Marquez terjatuh setelah melewati tikungan kedua. Pebalap Gresini Racing tersebut gagal membawa pulang poin pada sprint race ini.

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2024Dok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2024

Masih di lap kedua, Maverick Vinales berhasil menyalip Alex dan mengamankan posisi ketiga. Sementara itu, Brad Binder yang start dari pertengahan barisan kini sudah berada di posisi kelima. Jaraknya dengan Alex juga cukup dekat pada lap ketiga.

Memasuki lap keempat, selisih Bagnaia dengan Martin sudah terpaut 0,6 detik. Martin dengan Vinales juga cukup berjarak, keduanya terpaut 0,8 detik. Sementara itu, perebutan posisi keempat masih terus berlangsung antara Alex dengan Binder.

Baca juga: Marquez Akui Bagnaia 2 Langkah Lebih Maju di MotoGP Belanda 2024

Pada lap kelima, jarak antara Bagnaia dengan Martin masih sama. Tapi, Vinales semakin mendekat dengan Martin. Vinales punya potensi untuk merebut podium kedua dari Martin.

Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Italia 2024Dok. @maverick12official Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Italia 2024

Tujuh lap tersisa, Martin sudah tertinggal 1 detik dari Bagnaia. Sementara itu, Vinales terus mengincar Martin. Selisih antara keduanya juga cukup dekat.

Pada barisan tengah, Binder yang berencana menyalip Alex mendapat desakan dari Enea Bastianini yang berada tepat di belakangnya. Beberapa kali Bastianini terlihat ingin mencoba menyalip Binder, namun belum berhasil.

Memasuki lap kesembilan, Bastianini masih terus berusaha mencari celah Binder. Namun, tak lama kemudian, Binder akhirnya berhasil disalip. Bastianini pun langsung mengincar posisi keempat yang ditempati oleh Alex.

Kembali ke barisan terdepan, pada lap kesepuluh, Bagnaia sudah unggul 1,4 detik di depan Martin. Selisih jarak yang sama juga terjadi pada Martin dengan Vinales. Sementara, balapan tinggal tersisa empat lap.

Pada lap yang sama, Bastianini akhirnya sukses menyalip Alex. Posisi Alex masih tidak aman, di belakangnya berbaris cukup dekat, mulai dari Binder, Fabio Di Giannantonio, hingga Aleix Espargaro.

Dua lap tersisa, Alex harus menjalani penalti long lap karena melewati batas trek. Tak sedikit pebalap yang sudah mendapatkan peringatan karena melewati batas trek, mulai dari Bagnaia, Vinales, Franco Morbidelli, Pedro Acosta, dan masih banyak lagi.

Alex merosot hingga posisi kedelapan, sementara Diggia berhasil naik ke posisi kelima. Posisi keenam ditempati Aleix dan Binder di posisi ketujuh pada lap terakhir.

1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)
2 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)
3 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
4 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)
5 Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)
6 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
7 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
8 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
9 Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)
10 Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
11 Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)
12 Miguel Oliveira POR Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
13 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
14 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
15 Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
16 Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)
17 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP23)
18 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
19 Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com