Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VinFast Mulai Berbisnis di Indonesia, Jualan VF e35 dan VF5

Kompas.com - 01/07/2024, 18:47 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast sudah memulai aktivitas bisnisnya di pasar dalam negeri dengan menjual dua produk andalan yang sudah sempat diperkenalkan dalam ajang IIMS 2024, VF e34 dan VF5.

Menandai langkah besarnya ini, perusahaan memberikan program khusus untuk 1.000 konsumen perdana dengan diskon besar-besaran. Sehingga pada debut awal semua mobil dijual dengan harga di bawah Rp 300 juta.

CEO VinFast Indonesia, Temmy Wiradjaja mengatakan peluncuran mobil listrik tersebut merupakan upaya perusahaan untuk bisa mendominasi pasar mobil listrik di Indonesia.

Baca juga: Update Harga Ban Motor pada Juli 2024

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by VinFast Indonesia (@vinfast.indonesia)

Lebih rinci, ada dua metode pemasaran kendaraan listrik yang dilakukan VinFast kepada calon konsumen Indonesia supaya dapat menjangkau seluruh lapisan. Yaitu, pembelian dengan berlangganan baterai dan bersama baterainya.

"Peluncuran ini menggarisbawahi dedikasi kami untuk memajukan mobilitas listrik dengan kendaraan mutakhir, cerdas, dan aman,” kata Temmny melalui keterangan tertulis, Senin (1/7/2024).

Adapun harga jual VF e34, pada kondisi normal dijual dengan Rp 315 juta untuk metode berlangganan baterai dan Rp 409 juta bagi yang mau langsung dengan baterainya.

Bagi 1.000 konsumen awal, diberikan diskon sampai Rp 20 jutaan yaitu Rp 294 juta dengan berlangganan baterai dan Rp 399 juta khusus pembelian dengan baterai langsung.

Sementara harga dari VF5 sebagai entry level, dijual Rp 242 juta pada metode berlangganan baterai dan Rp 310 juta dengan baterai.

Sebagaimana model VF e34, khusus konsumen awal dijual Rp 226 juta dengan berlangganan dan Rp 295 juta pada pembelian bersama baterainya.

Baca juga: 6 Pilihan Jasa Inspeksi Mobil Bekas di Jakarta

VinFast VF5 di IIMS 2024KOMPAS.com/Ruly Kurniawan VinFast VF5 di IIMS 2024

Adapun, biaya sewa baterai yang ditawarkan oleh VinFast bergantung dari jarak tempuh yang dipilih oleh konsumen.

Jarak tempuh kurang dari 1.500 km dipatok sebesar Rp 990.000 per bulan, jarak kurang dari 3.000 km senilai Rp 1,41 juta per bulan untuk, dan jarak lebih dari 3.000 km sebesar Rp 2,36 juta per bulan.

Perusahaan juga memberikan garansi hingga 7 tahun atau 160.000 km tergantung yang lebih dahulu untuk mobil listrik VF 5. Sedangkan garansi dari baterai mencapai 8 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com