Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opsi Upgrade CVT Motor Matik Biar Enggak Getar atau Gredek

Kompas.com - 01/07/2024, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Motor matik dengan CVT memang banyak digunakan orang saat ini. Cara pakainya yang praktis, tinggal gas atau rem memudahkan penggunanya.

Namun, saat ini kebanyakan keluhan yang dirasakan para pengguna matik adalah CVT yang getar atau gredek. Jadi saat gas diputar, getarannya cukup besar sehingga bikin tidak nyaman.

Biasanya, gredek di CVT bisa muncul karena bagian dalamnya kotor. Ada berbagai cara buat mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan modifikasi komponen yang ada di CVT.

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Ganti Oli Mobil Matik CVT?

Mesin dan CVT Yamaha NMAX TurboKOMPAS.com/ADITYO WISNU Mesin dan CVT Yamaha NMAX Turbo

Yudhi, Pemilik Bengkel Yud33 Motor di Bogor, Jawa Barat, mengatakan, modifikasi atau custom bagian CVT banyak dipilih karena bisa mengandalkan komponen yang orisinal.

"Gredek memang sudah jadi penyakit banyak motor. Rata-rata begitu, makanya bengkel bisa custom untuk lebih enak di konsumen," kata Yudhi kepada Kompas.com belum lama ini.

Yudhi menjelaskan, kalau cuma mau enak saat dipakai dijalan, modifikasinya tidak terlalu banyak. Misal mangkok CVT dibuat bolong-bolong, bikin kampas lebih kasar, serta membuat lubang pembuangan jadi lebih mudah mengeluarkan debu.

Baca juga: Dominasi Bagnaia di Assen, Ini Catatan Rekornya


"Kalau mau tambah akselerasi, respons lebih enak, bisa dengan bubut mangkok, kipasnya di derajat, roller, kampas ganda diganti. Balik lagi ke selera," kata Yudhi.

Menurutnya, memodifikasi CVT sebenarnya lebih murah daripada ganti dengan suku cadang aftermarket. Apalagi kalau cuma mau menghilangkan gredek, tidak perlu banyak yang diganti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com