Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Porsche Recall Taycan di Seluruh Dunia, Bagaimana Indonesia?

Kompas.com - 01/07/2024, 20:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Porsche sudah mengumumkan bahwa pihaknya melakukan penarikan unit alias recall untuk model Taycan. Recall ini disebutkan berlaku untuk di seluruh dunia.

Dikutip dari Autocar.co.uk, Senin (1/7/2024), Porsche telah mengidentifikasi masalah pengereman yang mempengaruhi sejumlah kecil mobil. Namun, Porsche bersikeras bahwa mobil tersebut tetap aman untuk dikendarai.

Baca juga: Paket Performa Porsche Taycan Turbo S, Semakin Lincah

Pabrikan asal Jerman ini mencatat adanya masalah pada selang rem depan. Tercatat beberapa mobil mengalami keretakan yang menyebabkan minyak rem bocor. Kondisi tersebut mengurangi tekanan rem dan keefektifan sistem.

Porsche Taycan Sport di area test drive indoor GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Porsche Taycan Sport di area test drive indoor GIIAS 2022

Porsche belum mengungkapkan jumlah pasti mobil yang terkena dampak recall. Tapi, Taycan sendiri telah terjual lebih dari 150.000 unit di seluruh dunia sejak diluncurkan pada 2020.

Lampu peringatan di dasbor akan menyala ketika menemukan adanya kerusakan. Jika pemilik melihat lampu peringatan, mereka harus mengendarai mobil mereka ke diler.

Baca juga: Intip Spesifikasi Porsche Taycan yang Jadi Safety Car Formula E 2023

Sementara bila lampu merah muncul, konsumen harus menghubungi Porsche dan tidak menggunakan mobil tersebut. Mobil yang tidak menunjukkan lampu peringatan tetap aman untuk dikendarai.

Porsche Taycan porsche_taycan Porsche Taycan

"Kami melakukan beberapa analisis kualitas internal dan menentukan bahwa beberapa kegagalan dapat terjadi pada beberapa kasus khusus," kata Manajer Proyek Taycan Kevin Giek.

"Keselamatan adalah prioritas utama kami, jadi kami memutuskan untuk mengoptimalkan selang rem di gandar depan dan memutuskan untuk membuat konstruksi baru," ujar Kevin.

Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula EDok. Fiaformulae.com Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula E

PR Porsche Indonesia Valencia Maximilian, mengatakan, untuk recall Taycan, sampai hari ini, Senin (1/7/2024), masih belum ada. Sebab, Porsche Indonesia juga masih menunggu update detail apakah ada unit yang terdampak.

"Apabila ada, team dealer akan menghubungi pemilik mobil dan akan dilakukan penanganan sesuai dengan SOP Porsche secara global, yang dikerjakan hanya di diler dan workshop resmi Porsche di Jakarta dan Surabaya," ujar Valencia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com