Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Klakson Aftermarket Baru ala Mobil Eropa

Kompas.com - 07/03/2024, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Klakson menjadi salah satu pelengkap wajib pada kendaraan, baik itu sepeda motor atau mobil. Perannya sebagai komunikasi dengan pengendara lain yang juga berkaitan dengan aspek keselamatan.

Karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk tak mengabaikan kondisi klakson. Bila fungsinya sudah berkurang atau lagi optimal, ada baiknya untuk segera melakukan pergantian.

Bicara soal produk klakson, pilihannya saat ini sangat beragam. Salah satu yang paling baru keluaran Autovision dengan nama WildCat yang merupakan Dual Tone Snail Horn.

Baca juga: Harga City Car Baru Stagnan Bulan Ini, Cek Daftarnya

Klakson ini digunakan untuk kendaraan 12V dan mengkonsumsi daya 72 serta menghasilkan suara mencapai 115dB. Melalui nada suara ganda rendah dan tinggi, produk yang dipasarkan Rp 120.000 ini diklaim menghasilkan harmoni nada yang jauh lebih indah.

Klakson mobil dengan suara seperti mobil EropaAutovision Klakson mobil dengan suara seperti mobil Eropa

Lily Hernawan, Direktur Sampurna Part Niaga (SPN) yang merupakan pemegang resmi brand Autovision menjelaskan, klakson keong menghasilkan nada suara yang lebih rendah dan dengan tenaga suara yang lebih lantang dibanding kebanyakan klakson cakram.

"Aplikasi klakson Autovision WildCat Snail Horn tentu agar konsumen memiliki suara klakson yang lebih empuk dan lebih enak didengar demi mendukung safety dan fungsional dalam kenyamanan berkendara. Sehingga komunikasi antar pengguna jalan pun masih tetap terjaga," ujar Lily dalam keterangan resminya, Rabu (6/3/2024).

Baca juga: Cara Daftar Program Mudik Gratis Kemenhub 2024

Model klakson ini banyak digunakan pada mobil-mobil keluaran Eropa terkenal, serta mobil Jepang premium. Aplikasi produknya juga sangat mudah karena menggunakan soket universal yang bisa diaplikasi mobil 12V.

Klakson mobil dengan suara seperti mobil EropaAutovision Klakson mobil dengan suara seperti mobil Eropa

Untuk hasil suara lebih optimal dan daya pakai yang lebih lama, instalasi WildCat Snail Horn disarankan menggunakan relay set khusus klakson dari autovision yang telah disesuaikan untuk High Power Dual Tone Horn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com