Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke IIMS 2024, Bisa Restorasi Mobil Klasik

Kompas.com - 23/02/2024, 19:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memastikan kendaraan tetap dalam kondisi terbaik merupakan salah satu tantangan, terkhusus pemilik mobil klasik dengan lansiran tahun 1979 tahun ke bawah.

Namun seiring perkembangan zaman, hal tersebut bukan lagi suatu masalah. Kini sudah terdapat beberapa pecinta otomotif yang sudah membuka jasa dimaksud, seperti Kuno.id.

"Kami membuka jasa untuk swap engine, restorasi, hingga membuat replika mobil klasik. Tapi kami spesialis untuk kendaraan tahun 1979 ke bawah," kata COO Kuno.id Charles Wijaya ditemui di IIMS 2024, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

Baca juga: Beli Kopi Sambil Belajar Bahasa Isyarat di IIMS 2024

Replika mobil klasik buatan Kuno.id di IIMS 2024KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Replika mobil klasik buatan Kuno.id di IIMS 2024

Hasil karya dari Kuno.id sendiri, bisa langsung dilihat pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung 15-25 Februari 2024.

Pengerjaannya, akan dilakukan setelah terjalin perjanjian dari pemilik ke pihak Kuno.id. Kemudian mobil akan diangkut ke markas langsung yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

"Untuk biaya khusus restorasi, beragam tergantung apakah terdapat bagian yang sudah rusak dan tidak ada yang jual lagi, ukuran mobil, dan lainnya," kata dia.

Baca juga: Helm Impor Murah di IIMS 2024, mulai Rp 300.000

Restorasi mobil klasik di IIMS 2024KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Restorasi mobil klasik di IIMS 2024

"Seperti Opel Olympia Rekord yang kami bawa sekarang, itu datang dari kondisi mentah. Jadi kami kerjakan dengan beberapa bagiannya hand made seperti di bagian grill karena tidak ada yang jual lagi," lanjut Charles.

Tapi sebagai gambaran, khusus restorasi bagian eskterior setidaknya pemilik harus menyiapkan Rp 450 juta. Sementara bagian interior, perhitungannya sedikit rumit.

Sebab, kata Charles, selain tergantung kondisi, harga restorasi pada interior mobil juga harus dihitung mengenai pemilihan busa, kulit, sampai karet dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com