Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Pencurian Mobil, Pasang GPS Tracker Bisa Jadi Solusi

Kompas.com - 31/10/2023, 16:51 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, terjadi kasus pencurian mobil rental. Namun, pelaku berhasil tertangkap karena pemilik mobil rental berhasil mematikan mesin mobil dari jauh.

Fitur tersebut dapat digunakan oleh pengguna GPS tracker. Jadi, tidak hanya posisi kendaraan yang bisa dipantau secara real time, tapi juga mesin mobil dapat dimatikan dari jauh.

Saat ini, sudah ada beragam merek GPS tracker yang ada di pasar aftermarket. Salah satunya yang cukup banyak digunakan adalah StartGPS.

Baca juga: Ini GPS Tracker dengan Fitur Live Camera

CEO StartGPS Hartono Budiman, mengatakan, untuk StartGPS sendiri bisa mematikan mesin dari jarak jauh, bisa melalui SMS dan aplikasi langsung.

GPS Tracker buat sepeda motordok GPS Karya Anak Bangsa GPS Tracker buat sepeda motor

"Saat kendaraan telah terpasang GPS tracker dari StartGPS, GPS tracker akan berkomunikasi dengan satelit untuk mendapatkan informasi mengenai data posisi GPS berdasarkan longitude dan latitude," ujar Hartono, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Setelah data posisi didapatkan, data tersebut dikirimkan ke server kami menggunakan jalur data internet, melalui Simcard yang ter-install di dalam GPS-nya," kata Hartono.

Hartono menambahkan, untuk mematikan mesin, pengguna bisa melakukan proses ini secara independen. Jadi, apabila kondisi kendaraan tercuri atau terdapat indikasi pelanggaran, maka pengguna bisa mengirimkan perintah mematikan mesin langsung.

Baca juga: Cegah Honda CBR150R Digondol Maling, Bisa Pasang GPS atau Immobilizer

"Perintah akan tereksekusi apabila kendaraan berjalan kurang dari 20 kilometer per jam atau dalam kondisi parkir. Sehingga, dapat dipastikan aman bagi pengguna jalan yang lain," ujarnya.

Ilustrasi rental mobilistimewa Ilustrasi rental mobil

Hartono mengatakan, untuk produk StartGPS, dibanderol mulai Rp 999.000 hingga Rp 1,4 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk pemasangan dan paket data GPS selama enam bulan.

"Untuk biaya berlangganan, di kami mulai dari harga Rp 250.000 selama enam bulan hingga Rp 500.000 untuk 12+1 bulan. StartGPS saat ini sudah dapat dibeli di Medan, Jambi, Lampung, Jakarta, Cimahi," ujar Hartono.

"Selain GPS, pelacak kami juga memiliki produk untuk layanan perbantuan darurat di perjalanan juga dengan nama Start Assist. Layanan ini memiliki konsep berlangganan mulai dari enam bulan senilai Rp 150.000, pengguna sudah dapat layanan mobil derek, penggantian ban hingga jumper aki secara gratis di seluruh Indonesia," kata Hartono.

Selain StartGPS, tentunya masih ada beberapa produk aftermarket lainnya untuk GPS tracker dengan kisaran harga yang tidak jauh berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com