Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Menanjak Alva Cervo, Kuat Pakai Mode Eco

Kompas.com - 31/10/2023, 15:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi Kompas.com dapat kesempatan buat menjajal Alva Cervo untuk beberapa hari. Kami pakai harian motor ini melintasi perkotaan sampai dibawa PP Jakarta-Bogor.

Dari spesifikasi, Alva Cervo punya baterai ganda dengan total kapasitas 3,4 kWh. Baterai tersebut menyuplai listrik ke dinamo dengan tenaga 3.000 watt.

Selama pakai harian, performa antara baterai dengan dinamo tadi bisa digunakan dengan baik. Klaim dari Alva, Cervo bisa menempuh jarak 125 km, cuma pengetesan kami, tercatat bisa mencapai 90 km sampai 100 km.

Baca juga: Motor Listrik Alva Cervo buat Harian, Sulit Bawa Boncengan


Pada pengetesan kali ini, Cervo dijajal lewat tanjakan yang ekstrem. Memang jarang bertemu kondisi jalanan tersebut di perkotaan, tapi Cervo ingin diuji di kontur yang menanjak tajam.

Ada tanjakan parkiran mal di daerah Jakarta Timur. Kemiringan tanjakannya bervariasi, dari 9 derajat sampai 14 derajat yang paling curam.

Pengetesan dilakukan dengan sendirian dan berboncengan. Selain itu, dicoba juga dengan kondisi pakai ancang-ancang (momentum dari bawah) dan stop & go di tengah tanjakan.

Baca juga: Risiko Mobil Matik Selalu Pakai Gigi Rendah Saat Melibas Jalan Berbukit

Hasilnya, kalau bawa sendirian, baik kondisi momentum atau stop & go, pakai mode Eco saja sudah mumpuni. Begitu juga kalau berboncengan dan sudah ancang-ancang dari bawah, maka Cervo bisa melibas tanjakan dengan baik.

Cuma, kalau berboncengan dan pakai mode Eco, pada posisi stop & go motor tidak bisa naik. Pengendara harus memindahkan ke mode Urban, maka perlahan dinamonya bisa mendorong motor ke atas.

Alva CervoKOMPAS.com/ADITYO WISNU Alva Cervo

Perlu dipahami, ini memang pengetesan dalam kondisi ekstrem. Bisa saja di jalanan sebenarnya jarang sekali menemukan tanjakan yang securam itu.

Tapi, setidaknya jadi tahu seberapa kuat Alva Cervo ini kalau bertemu tanjakan ekstrem. Pastikan untuk menyesuaikan teknik berkendara, siapkan momentum dari bawah agar bisa menanjak dengan mulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com