Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Lengkap United TX3000, dari Desain, Performa, sampai Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 07/07/2023, 19:22 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepeda motor listrik United TX3000 meluncur pada akhir 2022. Sebagai salah satu pilihan motor listrik di pasaran, TX3000 menawarkan sesuatu yang berbeda dari pesaingnya.

Pertama dari segi desain yang mirip dengan skutik gambot. Di mana setang pakai model mirip skutik Nmax maupun PCX. Letaknya yang cukup tinggi membuat nyaman saat dipakai berkendara.

Kemudian, TX3000 deknya tidak rata seperti skutik entry level 110 cc sampai 125 cc, melainkan terbagi dua sebab bagian tengahnya merupakan tempat penyimpanan baterai.

Baca juga: Terjadi Longsor Susulan, Jembatan Cikereteg Lumpuh Total

Motor listrik United TX3000KOMPAS.com/ADITYO WISNU Motor listrik United TX3000

Garis-garis bodinya tampak sporti berkat lekukan tajam di beberapa sisi. Sangat berbeda sekali dengan desain mayoritas motor listrik saat ini yang bergaya imut dan lucu.

Skema desain United TX3000 tampaknya dirancang agar dapat mengikuti selera pasar dan perkembangan zaman.

Perihal baterainya, TX3000 mengusung dua baterai yang diklaim bisa menempuh jarak 120 Km. Baterai tersebut bisa dipakai bersamaan dan dilengkapi dua level indikator, yang terpampang di layar instrumen.

Baca juga: Berapa Harga Bikin Bus Besar Mewah di Karoseri Laksana?

Fasilitas pengisian daya yang disediakan buat konsumen TX3000 juga memiliki kemampuan fast charging. United mengklaim dari nol hingga 80 persen, dapat terisi hanya dalam waktu empat jam.

Sebagai fitur keamanan, terdapat One-Key Easy Opening alias keyless, yakni sistem satu kunci untuk start dan membuka panel baterai.

Pengoperasiannya cukup ditekan dan diputar seperti kebanyakan motor keluaran baru yang mengusung fitur keyless.

Baca juga: Grafir Nopol Mobil Bikin Maling Spion Sulit Jualan

Setang motor listrik United TX3000KOMPAS.com/ADITYO WISNU Setang motor listrik United TX3000

Menariknya, terdapat fitur Built-in Bluetooth, di mana pengendara bisa mengkoneksikan speaker untuk memutar musik atau radio. Selain itu, terdapat fitur suara buatan bernama Racing Sound Mode.

Dengan ukuran ala skutik gambot, TX3000 cukup nyaman dipakai harian. Motor terasa cukup nurut dan asyik dipakai selap-selip di antara mobil-mobil saat melewati kemacetan.

Satu yang berbeda adalah motor ini tidak memiliki engine brake. Motor terasa masih melaju ketika kita melepas putaran gas.

Baca juga: Manager Ducati Tak Percaya Honda Bakal Tinggalkan MotoGP

Pengecasan baterai motor listrik United TX3000KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pengecasan baterai motor listrik United TX3000

Alhasil kita hanya bisa mengandalkan pengereman untuk mengurangi lajunya. Beruntung TX3000 dibekali rem cakram depan dan belakang dengan masing-masing dua piston.

Sementara itu, TX3000 memiliki tiga mode berkendara. Pada mode 1, kecepatan maksimal dibatasi sampai 40 Kpj, adapun mode 2 mencapai 60 kpj, dan mode 3 bisa tembus 90 kpj.

Motor listrik TX3000 mengusung motor elektrik berdaya 3.000 watt. Kemudian baterainya mengusung dua unit dengan masing-masing berkapasitas 1.716 kWh 60 V 28 Ah, yang diklaim bisa tembus 120 Km sekali ngecas.

Baca juga: Mencuci Mobil dengan Cara Ini Bisa Bikin AC Tidak Dingin

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com