Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

MANDALIKA, KOMPAS.com - Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy pernah mengucapkan kalau Honda berencana memperkenalkan dua mobil hybrid di 2023.

"Tahun depan dua model hybrid akan kami keluarkan dan dua varian e (elektrifikasi) lainnya, termasuk produksi lokal," ujar Billy kepada media di Ubud, Bali, Senin (19/12/2022).

Semenjak statement tersebut, sudah lewat hampir enam bulan. Tapi bagaimana perkembangan produk barunya Honda yang akan disematkan teknologi hybrid?

Baca juga: Honda Sambut Kedatangan Brand China, Siap Lawan

Honda CR-V generasi terbaru siap meluncur di Thailandwww.honda.co.th Honda CR-V generasi terbaru siap meluncur di Thailand

"Tunggu saja sebentar lagi. Pokoknya ditunggu aja," kata Billy di Mandalika, Lombok, NTB, Selasa (30/5/2023).

Soal teknologi hybrid, memang di Indonesia bisa dibilang sedang naik daun. Selain itu, masyarakat juga semakin terbuka informasinya mengenai kendaraan elektrifikasi, tidak sedikit yang menunggu produk elektrifikasi dari Honda.

Billy bahkan mengatakan, kalau ada varian hybrid dan non-hybrid pada satu produk, biasanya pemesanannya lebih dominan yang hybrid. Artinya, ada minat dari masyarakat tentang teknologi baru tersebut.

Baca juga: Honda Brio Baru Sudah Dipesan 4.000 Unit, Tapi Masih Ada Inden

"Orang Indonesia maunya hybrid, nanti kalau ada baterai mereka maunya ke baterai," ucap Billy.

Tapi dalam waktu dekat, hybrid dirasa paling cocok untuk pasar Indonesia. Berbeda halnya dengan menjual mobil listrik berbasis baterai, harus dipikirkan bagaimana infrastrukturnya.

"Jadi perkembangan baterai kita memang ke arah sana (kendaraan listrik berbasis baterai) tetapi harus diikuti infrastruktur. Tapi kalau hybrid kan enggak," kata Billy.

Soal produk yang akan dipasarkan, Billy cuma memberi tahu mengenai jenis hybrid yang akan disematkan, yakni strong. Saat ditanyai seperti apa, Billy belum mau menjabarkan lebih detail seperti apa teknologinya.

Dugaan kuat mobil hybrid yang akan diluncurkan Honda adalah CR-V hybrid, atau Honda menyebutnya CR-V e:HEV. Mengingat di negara tetangga yakni Thailand, sudah kebagian CR-V e:HEV generasi paling baru.

Jadi bisa saja, dalam waktu dekat CR-V yang lebih canggih teknologinya segera meluncur di Indonesia. Mari kita tunggu, apakah Honda membawa CR-V e:HEV atau ternyata menyiapkan produk hybrid lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com