Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Civic Type R Sudah Sold Out untuk Indonesia

Kompas.com - 30/05/2023, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MANDALIKA, KOMPAS.com - Honda Civic Type R resmi meluncur di Indonesia pada Maret 2023. Saat itu, mobil yang didatangkan dari Jepang ini baru 15 unit saja, sedangkan pemesanan sudah mencapai 95 unit.

Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen pemegang merek Honda menyatalan, kalau pemesanan Civic Type R terpaksa ditutup. Penyebabnya karena kuota yang sudah melebihi batas.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, respons konsumen ke Civic Type R terbaru ini lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Baca juga: Modifikasi Honda Brio Facelift Pakai Body Kit Civic RS

Honda Civic Type R di Honda TrackFEST Mandalika Kompas.com/Fathan Honda Civic Type R di Honda TrackFEST Mandalika

"Type R itu sekarang pemesanannya lebih dari alokasi yang kita dapat, sudah lebih dari 100 unit. Saat ini pemesannya sudah mencapai 114 unit. Unit model sebelumnya itu kita berhasil dari 2017-2022 hanya 118 unit," kata Billy pada acara Honda TrackFEST, di Sirkuit Mandalika, Selasa (30/5/2023).

Melihat respons yang positif tersebut, HPM terpaksa menutup sementara pemesanan dengan nomor rangka 2023. Selanjutnya, akan dibuka lagi dengan nomor rangka tahun depan.

"Kita akan buka lagi nanti di Juli untuk nomor rangka 2024," ucap Billy.

Baca juga: Berapa Harga Suzuki XL7 Hybrid?


Buat konsumen yang sudah terlanjur memesan, ada juga yang harus digeser ke tahun depan. Jadi untuk saat ini jumlah Civic Type R di Indonesia belum akan bertambah.

"Minat terhadap Civic Type R sangat tinggi," kata Billy.

Sebenarnya sepadan saja, menunggu mobil sport penggerak roda depan dan transmisi manual. Tenaga yang dihasilkan sangat besar 319 PS atau sekitar 318 TK, ditambah handlingnya yang apik, cocok buat jadi track day car. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com