Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIA dan Jakpro Pamerkan Mobil Formula E Generasi 3 di JIEC Ancol

Kompas.com - 31/05/2023, 17:01 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang diadakannya Formula E Jakarta tanggal 3-4 Juni 2023, Jakpro dan FIA memamerkan Spark Gen3, mobil balap terbaru untuk kompetisi balap jet listrik.

Acara tersebut diadakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Rabu (31/5/2023), dan dihadiri oleh beberapa petinggi acara, beberapa di antaranya adalah Alberto Longo (COO Formula E) dan Ananda Mikola (Head of OC Formula E Jakarta).

Alberto Longo menjelaskan, mobil generasi ke-3 itu akan memiliki performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan seri-seri sebelumnya.

Dia menjanjikan, ajang kompetisi musim ini akan jauh lebih intens dan menarik bagi penonton dengan adanya peningkatan kualitas sasis dan baterai baru yang disediakan FIA.

Baca juga: Penjualan Tiket Formula E Jakarta Sudah Tembus 80.000

Mobil balap Formula E generasi ke-3 (Spark Gen3) yang digunakan di ajang Formula E Jakarta KOMPAS.com/daafa Mobil balap Formula E generasi ke-3 (Spark Gen3) yang digunakan di ajang Formula E Jakarta

“Penonton pasti suka ketegangan dan intensitas balap di sirkuit, kami (FIA) yakin mobil terbaru ini sangat bisa menghadirkan hal itu,” ujarnya dalam wawancara eksklusif dengan Kompas.com, Rabu (31/5/2023).

Untuk diketahui, FIA menerapkan aturan penyeragaman sasis dan ukuran baterai bagi semua tim yang mengikuti kompetisi formula E. Hal ini bertujuan untuk menjaga sportivitas.

Nantinya, tiap-tiap tim hanya diperbolehkan memodifikasi drivetrain seperti dinamo, controller dan modul kelistrikan terkait performa.

“Modifikasi tersebut juga ada batasnya dan kami menerapkan aturan batas finansial terkait berapa banyak biaya yang boleh dikeluarkan tiap-tiap tim,” ucap dia.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com