Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Meluncur, Suzuki XL7 Bakal Jadi LSUV Hybrid Termurah?

Kompas.com - 31/05/2023, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Ertiga, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kini bersiap meluncurkan produk terbarunya. Diketahui mobil yang bakal dirilis adalah Suzuki XL7 hybrid.

Tak hanya itu, Suzuki juga sudah resmi menyebar teaser melalui media sosial dengan siluet depan mirip tampilan low sport utility vehicle (LSUV) alias SUV murah XL7.

Dalam unggahan tersebut diinformasikan bila produk terbarunya bakal meluncur di Indonesia pada 15 Juni 2023. Hal ini juga sudah dibenarkan oleh tenaga penjual Suzuki.

"Kurang lebih dua minggu lagi, kalau di media sosial tanggal 15 meluncur. Teknologinya dari info sama seperti Ertiga, pakai SHVS. Ada juga yang berubah, tapi belum bisa detail karena belum launching," kata salah satu wiraniaga Suzuki di Jakarta Timur, kepada Kompas.com, Rabu (31/5/2023).

Baca juga: Teaser Suzuki XL7 Hybrid Keluar, Meluncur Awal Juni 2023

Ketika ditanya soal harga, tenaga penjual tersebut belum bisa memberikan estimasi. Namun dia memastikan harganya tidak sampai melambung jauh berkaca dari Ertiga hybrid sebelumnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Suzuki Indonesia (@suzuki_id)

Menurut wiraniaga tersebut, saat Ertiga hybrid meluncur kurang lebih kenaikan harga dari Ertiga konvensional berkisar Rp 10 sampai Rp 12 jutaan.

Karena itu, besar kemungkinan untuk banderol XL7 juga akan bermain dengan angka yang sama.

"Bisa jadi naik sekitar Rp 10 sampai Rp 12 jutaan juga agar lebih kompetitif," katanya.

Lantas apakah nantinya XL7 dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) alias mild hybrid akan menjadi LSUV elektrifikasi termurah seperti Ertiga yang masih menyandang LMPV hybrid terjangkau di Indonesia untuk saat ini?

Baca juga: Update Harga Mobil Hybrid Usai Lebaran, Termurah Rp 273 Juta

Melihat dari harga saat ini, XL7 dipasarkan mulai Rp 254,8 juta sampai Rp 292,7 juta. Misal banderolnya terkerek sampai Rp 12 jutaan saat disematkan teknologi mild hybrid, artinya varian tertinggi dengan transmisi matik bisa tembus di atas Rp 300 juta.

Suzuki XL7Dok. SIS Suzuki XL7

Bila dibandingkan dengan SUV hybrid yang sudah dipasarkan saat ini, seperti Wuling Almaz hybrid, Toyota Corolla Cross, dan Nissan Kicks e-Power yang banderolnya di atas Rp 400 juta, besar kemungkinan XL7 akan menempati posisi yang sama dengan Ertiga, yakni sebagai SUV hybrid 7 penumpang dengan harga terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com