Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kemacetan, Simak Jalur Alternatif Menuju Puncak Bogor

Kompas.com - 31/05/2023, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, diprediksi akan mengalami kemacetan imbas momen libur panjang akhir pekan yang berlangsung mulai Kamis (1/6/2023) hingga Minggu (4/6/2023).

Untuk mengantisipasi kemacetan, pihak Satlantas Polres Bogor juga telah menyiapkan sistem pembatasan kendaraan dengan skema ganjil genap mulai Rabu (31/5/2023), sore.

“Ganjil genap mulai besok sore, sesuai Permenhub Nomor 84 Tahun 2021, ganjil genap menuju kawasan wisata Puncak diberlakukan satu hari menjelang hari libur nasional,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto, dikutip dari NTMC Polri, Selasa (30/5/2023).

Baca juga: Ganjil Genap di Kawasan Puncak Bogor Berlaku Mulai Sore Ini

Selain sistem ganjil genap, pihak kepolisian juga menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa one way jika terjadi kemacetan di Jalur Puncak.

Bagi Anda yang hendak menuju kawasan Puncak Bogor, ada beberapa jalur alternatif menuju kawasan tersebut. Hanya saja, jalan yang dilalui tidak begitu ramah seperti jalur utama.

Untuk pengguna kendaraan roda empat dari arah Jakarta atau Depok, bisa melewati Sentul melalui pintu Tol Sentul Selatan, kemudian menuju Babakan Madang atau Bukit Pelangi (Rainbow Hills).

Jalur ini mengarahkan pengemudi langsung ke Jembatan Megamendung menuju area Puncak.

Suasana lalu lintas kendaraan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/3/2023). Situasi lalu lintas akses menuju kawasan Puncak terlihat padat kendaraan seiring hari libur Hari Raya Nyepi. Selain kendaraan warga yang berwisata menuju kawasan Puncak, lalu lintas juga ramai warga yang hendak mudik di wilayah Bogor, Cianjur, dan Sukabumi untuk menyambut puasa Ramadhan di kampung halamannya. Tradisi mudik untuk membuka awal bulan puasa di kampung halaman juga menjadi bagian tradisi sebagian warga yang sempat tertunda beberapa tahun terakhir akibat pandemi. 

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO
22-3-2023RONY ARIYANTO NUGROHO Suasana lalu lintas kendaraan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/3/2023). Situasi lalu lintas akses menuju kawasan Puncak terlihat padat kendaraan seiring hari libur Hari Raya Nyepi. Selain kendaraan warga yang berwisata menuju kawasan Puncak, lalu lintas juga ramai warga yang hendak mudik di wilayah Bogor, Cianjur, dan Sukabumi untuk menyambut puasa Ramadhan di kampung halamannya. Tradisi mudik untuk membuka awal bulan puasa di kampung halaman juga menjadi bagian tradisi sebagian warga yang sempat tertunda beberapa tahun terakhir akibat pandemi. KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO 22-3-2023

Kemudian dari Megamendung, belok kanan di samping Vimala Hills setelah melewati Simpang Gadog. Ambil jalur ke arah Cibedug, lalu di pertigaan Cibedug pilih jalur kiri menuju Arca Domas.

Perjalanan dilanjutkan ke arah Polsek Megamendung dengan melewati beberapa desa, diantaranya Desa Pasir Muncang, Desa Megamendung dan Desa Cikokom. Pengendara nanti akan sampai di Desa Citeko, berjarak cukup dekat dengan Pasar Cisarua.

Alternatif lainnya bisa melewati Jalur Puncak II, membentang di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Jalur ini bisa dilewati pengendara mobil maupun motor. Namun, jalurnya masih dalam kondisi yang kurang baik untuk dilewati.

Baca juga: Filter Udara Motor Dicopot, Dongkrak Tenaga tapi Bikin Mesin Kotor

Untuk pengendara mobil, bisa pilih jalan ke arah AEON Mall, Sentul City. Sedangkan untuk pengendara motor melewati Sirkuit Sentul, dan mengikuti jalan menuju Sentul International Convention Center. Lalu pilih jalan menuju Pasar Babakan Madang, masuk ke Jalan Mahkota Pirius ke arah Jalan Hambalang Golf.

Ketika sudah sampai ke dalam Jalur Rencana Jalur Puncak 2, jalan yang dilintasi cukup rusak dan didominasi bebatuan.

Disebutkan bahwa jalur ini masih minim SPBU atau hanya ada penjual eceran. Pemilik kendaraan yang akan melewati jalur tersebut sebaiknya memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan cukup BBM.

Dengan mengikuti jalur tersebut, yang ditempuh dengan durasi kurang lebih 3-4 jam, pengendara akan sampai ke kawasan Kota Bunga atau Istana Cipanas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com