Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Formula E Pascal Wehrlein Bicara Perbedaan Mobil Gen2 dan Gen3

Kompas.com - 26/05/2023, 19:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap mobil Formula E Jakarta 2022 akan digelar pada 3-4 Juni 2022. Balapan akan digelar di sirkuit buatan yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.

Jakarta E-Prix 2023 akan menggunakan mobil jenis Gen3. Mobil ini digadang-gadang merupakan yang tercepat, teringan, terkuat, dan paling efisien.

Pebalap Formula E, Pascal Wehrlein dari tim Porsche Racing turut mengungkapkan kelebihan mobil Gen3 yang akan digunakan di musim ini. Menurutnya, mobil Gen3 dan Gen2 yang digunakan musim lalu memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Baca juga: Oknum Debt Collector Beraksi Lagi, Paksa Rebut Mobil di Jalan Raya

“Mobil Gen3 sangat cepat, kami memiliki lebih banyak tenaga. Jika dibandingkan dengan yang lalu, tenaganya dulu 250 kW, sekarang kita punya 350 kW,” ucap Pascal, dalam wawancara eksklusif bersama media, di Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Mobil balap listrik Formula E GEN3Dok. Formula E Mobil balap listrik Formula E GEN3

Selain itu, Pascal mengatakan dari ukuran mobil juga cukup berbeda, di mana Gen3 memiliki sedikit ukuran yang lebih kecil. Pascal mengatakan, hal tersebut cukup memberikan keuntungan bagi pebalap di lintasan.

“Bentuk dan ukuran mobilnya berbeda, mobilnya sedikit lebih kecil yang sebenarnya cukup bagus untuk kami. Karena balapan di sirkuit yang harus cepat dan sempit, itu lebih baik bagi pebalap, dan juga memudahkan saat menyalip,” kata Pascal.

Baca juga: Produsen Kendaraan Listrik China Bakal Ikuti Regulasi di Indonesia

Selain itu, menurut Pascal, penggunaan ban baru Hankook pada mobil Gen3 juga bisa membuat balapan tahun ini berbeda.

“Banyak hal yang berubah, tetapi saya pikir secara keseluruhan itu cukup baik. Khususnya ketika Anda berhasil dan menyukai perubahan yang ada. Teknologinya juga sangat bagus, jadi secara keseluruhan ini merupakan langkah besar dari Gen2 ke Gen3,” ucap Pascal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com