Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kena Getok Harga di Bengkel Motor, Harus ada Persetujuan

Kompas.com - 02/05/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini kejadian lagi kasus pemilik motor yang merasa dirugikan saat melakukan servis motor di bengkel pinggir jalan daerah Sentul, Bogor.

Lewat unggahan video di akun Tiktok Viral, diceritakan kalau pemilik motor merasa diperas saat mau servis motornya. Semula, dia cuma mau ganti oli saja, tapi seakan tanpa persetujuan, mesin motor malah dibongkar mekanik.

Keluarlah bon tagihan sebesar Rp 2,7 juta berisi berbagai komponen baru yang harus diganti agar motor normal lagi. Pemilik motor tidak terima dan minta dirakit lagi saja mesinnya, cuma masih diberi tagihan sebesar Rp 450.000 sebagai upah bongkar mesin.

Baca juga: Video Viral Bengkel di Sentul Getok Harga, Biaya Servis sampai Rp 2,7 Juta

@tiktokviraalid assalamualaikum maaf awalnya saya ga mau VIRALIN walau sakit bgt hati di buat ini bengkel, cuma karna saya liat banyak bgt korban alangkah berdosa jika tidak saya memberi info kepada org lain. motor saya buat cari nafkah malah jadi hancur begini. dan ga tggung jawab, kronologi, saya ingin liburan kecil2an sama anak k Sentul cuma pergi bertiga SM suami. tapi motor nyendat2, ya mmng blm di servis karna ga sempat. JD saya niat ganti oli biar lancar, motor juga biasa saya pake setiap hari buat usaha stiap k bengkel d bnrin dikit enak bisa jalan lagi. ini saya kejebak di bengkel yg menurut saya sih Uda termasuk kriminal (PEMERASAN) Uda banyak korban juga, saya berhenti dia nanya knp bang motor, ini macet2 mngkin olinya, JD saya mnta ganti. emang sih pas d cek itu oli karna 2bln sblmnya ngisi oli itu kayanya kurang bagus JD gumpal kelihatan. pdhl sih itu hal biasa ga harus sampe turun mesin, eh dia bongkar semua katanya saya mau coba akalin bang siapa tau bisa di akalin. taunya Uda d bongkar smua sampe bener ga da bentuk ssaya d suru k kasir dan betapa kagetnya melihat total bil 2,7jt. gila!!! ya walaupun emang harus d ganti kan itu bertahap, saya bilang asal jalan aja bang ga usa d ganti sbnyk ini. tapi dia bilang kalau ga di ganti smua ga jalan bang motornya. suami Uda mulai kesel, ywd bang pasang balik aja bang kaya semula kalau ga bisa d benerin. eh dia bilang pasang 450rb bang, lah kan dr awal saya ga nyuru bongkar Abang yg bilang mau akalin spya ga ganti. ini malah motor ancur suru ganti semua, saya mana ada persiapan. harganya juga ga masuk akal, dia sombong bgt jawabnya. saya diam2 ngerekam kayanya ga sampe habis saya ngrekam karna kepencet mngkin. JD emosi suami kita pesen grab kita angkut tu semua dalam keadaan ga ada bentuknya. eh dia suru bayar 200rb, saya ga marah aja Uda syukur minta bayar sgtu. saya tau upah org harus d bayar, tapi caranya ga gtu dgn menjebak orang. naik gobox 300rb ke bedahan k rumah sodara/ teman yg biasa bengkel. supir gobox ngmng knp bang? saya ceritain lah kejadiannya, trus dia ngmng sblm puasa saya juga angkut motor nmax dalam keadaan KY gini. yg bawa cewe, dia mau ganti karet mlh d bongkar smua sr byr 2,5jt cewenya ngamuk2 #bengkel ? Instrumen Sedih - Yuda pratama

 

Tentu kejadian seperti di atas bisa dihindari, selama bengkel yang menyediakan jasa, jujur dan melakukan tindakan sesuai kesepakatan. Jadi tidak asal membongkar motor, tapi perlu adanya kesepakatan.

Sumantri Tanuwijaya, Pemilik Bengkel Jaya Motor di Cikupa Tangerang mengatakan, selama ada pelanggan, segala tindakan harus berdasarkan kesepakatan.

"Segala tindakan ya harus persetujuan dua pihak," ucap pria yang akrab disapa Koh Jaya kepada Kompas.com, Minggu (30/4/2023).

Baca juga: Jangan Cuek, Ini Tanda-tanda Aki Mobil Lemah dan Minta Diganti

Koh Jaya menjelaskan, kalau pemilik mau menyelesaikan masalah yang ada di motornya, kadang memang harus ada langkah bongkar. Cuma tentu harus berdasarkan kesepakatan dan ada biayanya.

"Biasanya kan pada tanya, berapa ya kira-kira, apa saja yang diganti ya, saya selalu jawab bongkar dulu. Tapi harus tetap persetujuan dua pihak," ucap Koh Jaya.

Soal dibongkar, memang jadi ketahuan apa saja penyakit yang ada di motor. Tapi, perlu dipahami ketika setuju untuk minta mekanik membongkar motor atau mesin, maka ada biayanya.

"Setelah di bongkar lalu enggak jadi atau enggak ada biaya (untuk ganti parts), boleh dipasang lagi dan di charge, kena harga upah bongkar," kata Koh Jaya.

Jadi, bengkel harus izin soal tindakan yang akan dilakukan ke motor pelanggan. Pemilik motor harus aktif, menanyakan biaya yang bisa diberikan saat bengkel melakukan, estimasinya juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com