Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adiputro Rilis Bus Baru Milik PO Anugerah Gemilang Indonesia

Kompas.com - 28/04/2023, 18:03 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Adiputro baru saja mengeluarkan satu unit bus milik perusahaan (PO) Anugerah Gemilang Indonesia dari garasinya.

Bus nyentrik dengan kelir kuning berpadukan oranye tersebut akan digunakan sebagai unit terbaru pelayanan pariwisata milik PO Anugerah Gemilang Indonesia.

Unit anyar dari PO asal Malang, Jawa Timur tersebut menggunakan bodi Jetbus3+ SHD. Kemudian, untuk dapur pacu ditopang dengan sasis bus Hino yang sudah berstandar emisi Euro 4.

Baca juga: Modifikasi Honda Vario Techno Bergaya Ruckus Lowrider

Bagian depan atau wajah bus menggunakan double glass dengan bando model terbaru, yakni dengan hiasan garis stenlis di bagian tengah bando.

Kemudian bodi samping bus terdapat logo Anugerah Gemilang Indonesia dengan font yang dibuat dengan konsep hologram. Konsep futuristik dan nyentrik makin kuat dengan adanya selendang voyager yang menghiasi kaca samping bus.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Terdapat tiga ruang bagasi luar yang bisa tembus dari bodi kiri ke bodi kanan. Model bagasi seperti ini membuat kapasitas bagasi lebih lapang sehingga bisa mengangkut sepeda motor.

Agar bus lebih aman, pada bodi belakang disematkan kamera parkir dan sensor parkir.
Untuk bagian interior, bus dirancang dengan kapasitas 50 kursi penumpang.

Baca juga: Momen Nissan Grand Livina Gagal Nanjak, Maju Mundur Beberapa Kali

Barisan kursi tersebut memiliki konfigurasi dua kanan dan dua kiri. Kursi tersebut menggunakan tipe reclining seat dengan armrest yang bisa dilipat.

Tidak hanya itu, agar penumpang lebih nyaman selama di dalam bus, bagasi kabin dilengkapi dengan penutup. Serta ada pegangan tangan pada bagian depan bagasi, sehingga penumpang bisa pegangan saat berjalan atau di kabin bus.

Lalu ada juga dua unit TV yang digantung, satu unit di bagian depan dan satu lagi di bagian tengah.

Pada bagian atap terdapat jendela darurat dua buah di bagian depan dan bagian belakang. Ada pula dispenser air minum dan juga coolbox.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com