Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Ini, Saat Parkir Mobil di Kampung Halaman

Kompas.com - 22/04/2023, 17:22 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Lebaran biasanya akan digunakan masyarakat untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga. Bagi pemudik yang datang dari kota, wajib memberhatikan beberapa hal, termasuk memilih tempat parkir yang aman di kampung.

Sebab, ada etika di desa dan kompleks perumahan yang berbeda. Tujuannya, untuk menghindari permasalahan pribadi dengan tetangga lantaran ada kendaraan yang parkir sembarangan. 

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting Jusri Pulubuhu (JDDC) mengatakan, tempat parkir yang dipilih sebaiknya tidak berada di depan pintu rumah tetangga. Selain itu, lokasi parkir tidak boleh tepat di pinggir jalan yang dilalui banyak kendaraan. 

"Lokasi parkir yang aman itu contohnya di lahan kosong dekat rumah. Kalau memungkinkan, masukkan saja mobil ke dalam pekarangan rumah," kata Jusri. 

Baca juga: Waspada Pohon Tumbang, Begini Tips Aman Parkir Mobil Saat Musim Hujan

Desain carport minimalis modernSpanmor_ Desain carport minimalis modern

Bila tempat parkir terbatas, Jusri mengatakan, pemilik mobil bisa menyewa lahan parkir di tempat umum seperti masjid.   

Kemudian, pastikan kendaraan sudah terkunci rapat. Lokasi parkir sebaiknya diperhatikan, jangan terlalu jauh dari rumah, agar pemilik masih bisa mengawasi mobil yang parkir itu. 

Baca juga: Viral Video Mobil Parkir Sembarangan dan Terserempet Truk

Tempat parkir di belakang Chillax, tempat makan dan nongkrong baru di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Tempat parkir di belakang Chillax, tempat makan dan nongkrong baru di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan.

"Bisakan memilih tempat parkir di dekat rumah, agar jika alarm menyala tetap terdengar. Sesekali juga sebaiknya pemilik melihat kondisi mobil di parkiran. Untuk mengawasi, agar tidak ada sesuatu yang terjadi," ucap Jusri. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com