Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosedur Parkir Mobil Paralel yang Benar, Jangan Susahkan Orang Lain

Kompas.com - 26/02/2023, 14:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir mobil di tempat umum ada aturannya, apalagi sudah berhubungan dengan parkir paralel. Metode parkir tersebut biasanya dilakukan ketika parkir di lahan yang terbatas, seperti di bahu jalan dan area parkir yang sudah penuh.

Parkir paralel adalah memposisikan mobil tidak sejajar dengan mobil lain, melainkan di depan atau dibelakangnya. Sementara parkir seri adalah memposisikan mobil sejajar dengan mobil lain.

Parkir paralel sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu akses pengendara lainnya. Namun, berbeda kondisinya bila dalam keadaan terpaksa, maka dari itu perlu prosedur parkir mobil paralel yang benar.

Baca juga: Hati-hati Maling, Begini Tips Aman Parkir Mobil di Hotel

Ilustrasi parkir mobilunsplash.com/Michael Fousert Ilustrasi parkir mobil

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, prosedur parkir paralel boleh dilakukan asal tidak mengganggu pengendara lain baik di pinggir jalan atau di area parkir.

“Biasanya, parkir paralel dilakukan di pinggir jalan dengan lahan parkir yang terbatas, sehingga mobil diposisikan segaris ke depan dan belakang, atau di area parkir yang sudah penuh,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (26/2/2023).

Jika terpaksa parkir paralel di tepi jalan usahakan untuk memposisikan mobil di area yang tepat.

Baca juga: Parkir Mobil Transmisi Manual, Gigi Sebaiknya di Posisi N

Parkiran dipenuhi kendaraan di Pantai Sepanjang, Gunungkidul, DIY, Rabu (4/5/2022).KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Parkiran dipenuhi kendaraan di Pantai Sepanjang, Gunungkidul, DIY, Rabu (4/5/2022).

“Pertama, pastikan berada di luar badan jalan, karena apabila tidak akan berpotensi terserempet mobil lain, pastikan juga area parkir tidak miring untuk menghindari kendaraan meluncur dengan sendirinya” ucap Sony.

Selanjutnya, Sony mengatakan posisi kemudi dan badan kendaraan harus sejajar dengan jalan supaya memudahkan saat didorong-dorong.

“Penting diingat saat mobil parkir paralel, pastikan posisi parking brake tidak diaktifkan dan tuas matik di Netral (N), caranya bisa menggunakan shift lock saat kunci sudah dicabut, sehingga posisi di P bisa dipindahkan ke N saat parkir,” ucap Sony.

Baca juga: Cara Aman Parkir Mobil Transmisi Manual di Tanjakan dan Turunan

Mobil Dinas Pemprov Riau di lokasi parkiran gedung daerah pemerintah Provinsi RiauDok Pemprov Riau Mobil Dinas Pemprov Riau di lokasi parkiran gedung daerah pemerintah Provinsi Riau

Dengan demikian mobil bisa ditinggal dan aman, mobil bisa didorong maju dan mundur, apabila tidak yakin maka ban sedikit diganjal di bagian roda penggerak, untuk menghindari kendaraan bergerak sendiri.

“Parkir paralel sebenarnya menjadi alternatif terakhir apabila sudah tidak ada opsi parkir seri, jadi tetap cari parkir seri, sekalipun lebih jauh,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com