Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Pakai Hyundai Stargazer, BBM Full Tank Bisa sampai Mana?

Kompas.com - 12/04/2023, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Stargazer menjadi salah satu LMPV yang cukup menarik di kelasnya. Datang dengan berbagai fitur, Stargazer bisa diadu dengan para pesaingnya yang duluan hadir.

Bicara soal mobil dengan tiga baris bangku, tentu jadi favorit orang Indonesia. Jadi cukup satu mobil bisa memuat banyak penumpang dan barang, cocok buat dibawa mudik.

Mendekati hari raya, mudik pakai Hyundai Stargazer bisa jadi solusi. Tapi bagaimana dengan kemampuannya dalam menjelajah, seberapa jauh mobil rakitan pabrik Hyundai di Indonesia ini bisa melaju dalam kondisi satu tangki penuh?

Baca juga: Diduga Hyundai Stargazer X Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan

Tes Drive Hyundai StargazerHMID Tes Drive Hyundai Stargazer

Secara spesifikasi, Hyundai Stargazer punya kapasitas tangki yang terbilang cukup kecil, hanya 40 liter. Kalau dibandingkan dengan Toyota Avanza (43 liter) dan Mitsubishi Xpander (45 liter), Stargazer jadi yang paling sedikit.

Pada tulisan kali ini, redaksi membuat simulasi seberapa jauh Stargazer bisa berjalan dengan tangki diisi penuh. Jarak tempuh didapatkan dari perkalian kapasitas tangki dengan hasil tes konsumsi BBM yang pernah kami lakukan.

Untuk rute luar kota, berdasarkan pengetesan yang redaksi lakukan, Hyundai Stargazer mencatatkan konsumsi BBM 19,7 Km per liter. Artinya, satu liter BBM bisa membuat Stargazer melaju sejauh 19,7 Km, hampir 20 Km.

Baca juga: Bagusan Mana, Coolant atau Air Demineral untuk Radiator?


Jadi, simulasi kemampuan Stargazer berjalan dengan satu tangki penuh adalah sejauh 788 Km. Tapi perlu dicatat, konsumsi BBM sangat dipengaruhi berbagai hal.

Pada pengetesan yang dilakukan redaksi, mobil cuma diisi satu orang, bahan bakar yang digunakan memakai standar RON 92, ditambah lewat jalanan bebas hambatan. Berbeda kondisinya saat dibawa mudik nanti.

Kebiasaan orang saat mudik, mobil diisi penuh dengan penumpang dan barang. Tentu bobot yang bertambah bisa membuat konsumsi BBM jadi lebih boros, apalagi kalau jalanan macet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com