Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Cek Kondisi Mobil Sebelum Pergi Mudik Lebaran

Kompas.com - 12/04/2023, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran, pengguna sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan kesiapan mobil.

Persiapan mobil jelang mudik dibagi menjadi dua kategori, yakni persiapan berat dan persiapan ringan.

Untuk persiapan berat, bisa dilakukan di bengkel servis beberapa hari sebelumnya. Pemeriksaan ini mencangkup keseluruhan komponen seperti kaki-kaki, sistem pengereman, dan lainnya.

Sedangkan untuk persiapan ringan, hal ini bisa dilakukan oleh pengguna di rumah dan hanya mencangkup pemeriksaan minor.

Baca juga: Pentingnya Spooring Sebelum Mudik Pakai Mobil

Kebocoran pada radiator harus diperiksa dari mana sumbernya untuk menentukan radiator harus diganti atau bisa diperbaikiKompas.com/Erwin Setiawan Kebocoran pada radiator harus diperiksa dari mana sumbernya untuk menentukan radiator harus diganti atau bisa diperbaiki

Heri Purnomo, Kepala Pusat Staff Teknisi Nasmoco Group membagikan tips 30 menit pemeriksaan kendaraan yang hendak digunakan untuk mudik. Tips ini dibagi menjadi 3 tahapan, masing-masing 10 menit dan sangat mudah dilakukan.

“Walaupun mobil baru keluar bengkel, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan kembali untuk memastikan kesiapan mobil menjelang mudik,” ujarnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tahap pertama, pengguna harus memeriksa semua kondisi cairan yang ada di mobil seperti air radiator, wiper fluid, minyak rem, dan kondisi oli mobil. Pastikan cairan untuk tiap-tiap komponen dalam kondisi cukup dan baik.

“Semisal ada yang kurang, sebaiknya ditambah dan diisi hingga penuh. Ingat, mudik ini perjalanan jauh, jadi jumlah cairan tidak boleh disepelekan,” kata dia.

Baca juga: 4 Cara Mudah Memeriksa Kondisi Freon AC Mobil

Fog lamp & headlamp dihidupkan bersamaan Dicky Aditya Wijaya Fog lamp & headlamp dihidupkan bersamaan

Tahap kedua adalah memeriksa kedinginan dan hembusan AC. Pastikan hembusan ac kuat dan pergantian suhunya tepat dan jangan lupa periksa jumlah freon yang tersisa.

“Kenyamanan berkendara kan sangat dipengaruhi sejuk atau tidaknya kabin. Kalau AC bermasalah atau freon habis, bayangkan betapa pusingnya saat menghadapi macet,” ujar Heri.

Tahap terakhir adalah memeriksa kondisi pencahayaan dan lampu mobil. Pastikan semua lampu berfungsi sempurnda dan tanpa kendala mulai dari lampu rem, lampu kabut, hingga lampu hazard.

“Akan jauh lebih baik lagi jika konsumen membaca ulang manual kendaraan dan memahami arti dari kode lampu indikator. Jadinya pengguna tidak gagap dan selalu siap di situasi apapun,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com