Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pajero Sport Kena Semprot Emak-emak karena Parkir Paralel Direm Tangan

Kompas.com - 26/02/2023, 08:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPA.com - Beredar video Mitsubishi Pajero Sport warna putih menghambat pengendara lain yang hendak keluar dari parkiran, karena SUV itu parkir paralel dan direm tangan atau tidak memindahkan transmisi ke Netral.'

Berdasarkan keterangan akun Tiktok Agus Fathony banyak pengendara lain yang menunggu hampir satu jam karena bodi Pajero Sport itu menutup kendaraan lain.

Petugas juga sudah berusaha menghubungi pemilik Pajero tersebut untuk memindahkan mobil. Akhirnya pengguna Pajero tersebut muncul dan kena semprot ibu-ibu yang kesal karena ulahnya.

Peristiwa tersebut dapat memberi pelajaran buat kita semua, khususnya pengendara mobil. Parkir paralel boleh, tapi harus dengan prosedur yang benar.

Seharusnya pengemudi meninggalkan mobil dalam keadaan roda terbebas, sehingga mobil bisa didorong.

Baca juga: Waspada, Kendaraan yang Parkir Liar Bisa Terekam Kamera ETLE

Parkir paralel perhatikan hak pengendara lain dengan prosedur yang benarTangkapan layar Parkir paralel perhatikan hak pengendara lain dengan prosedur yang benar

Foreman Nissan Bintaro Mukti Aji mengatakan agar mobil bisa didorong saat parkir, pastikan roda terbebas baik dari rem parkir atau tuas matik.

Parkir paralel atau parkir di tempat yang mungkin saja dapat menghalangi pengendara lainnya, maka diperlukan prosedur parkir yang ramah, dalam artian harus dapat memberi jalan kepada pengguna jalan lain ketika mobil ditinggalkan,” ucap Mukti kepada Kompas.com, Minggu (26/2/2023).

Dia mengatakan pastikan tuas transmisi berada di posisi yang benar sehingga mobil bisa didorong secara manual.

Baca juga: Pengelola Parkir Terkesan Lepas Tangan jika Ada Kehilangan

Kantor parkir Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi nampak penuh kendaraan (Kompas.com/Rizki Alfian Restiawan) Kantor parkir Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi nampak penuh kendaraan

“Posisikan tuas transmisi di N, dengan demikian mobil dapat dipindahkan meski tidak menghidupkan mesin, untuk mobil manual bisa langsung ke posisi N dengan melepas rem parkir atau rem tangan,” ucap Mukti.

Semenatara mobil matik, membutuhkan prosedur yang sedikit berbeda karena memiliki sistem yang lebih canggih.

“Kalau matik, caranya tuas matik harus di P terlebih dulu untuk dapat melepas kunci kontak dari mobil, setelah itu gunakan shift lock untuk memindahkan tuas matik ke N, pastikan juga rem parkir terbabas,” ucap Mukti.

Baca juga: Jangan Berebut, Begini Cara Cepat Dapat Parkir di Mal

Parkiran dipenuhi kendaraan di Pantai Sepanjang, Gunungkidul, DIY, Rabu (4/5/2022).KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Parkiran dipenuhi kendaraan di Pantai Sepanjang, Gunungkidul, DIY, Rabu (4/5/2022).

Untuk menghindari mobil bergerak sendiri karena di area yang tidak rata, maka sebaiknya sebelum melakukan prosedur di atas, roda perlu diganjal terlebih dulu menggunakan batu atau balok.

“Dengan demikian mobil bisa ditinggalkan dengan aman meski semua pintu terkunci, mobil juga juga bisa dimaju-mundurkan dengan mendorongnya,” ucap Mukti.

Jadi, dengan prosedur parkir paralel yang benar ini, kejadian seperti mobil Pajero Sport putih di atas tidak akan terjadi lagi. Tentu, menghambat akses jalan kepada pengguna jalan laik adalah sikap yang tercela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com