Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Berebut, Begini Cara Cepat Dapat Parkir di Mal

Kompas.com - 12/02/2023, 10:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sulitnya akses parkir beberapa mal di Jakarta tak hanya terjadi pada pengendara motor. Pengguna mobil pun merasakan kesulitan mencari lokasi parkir, terutama saat akhir pekan.

Seperti peristiwa yang terekam Instagram @markirterus (11/2/2023), di mana terlihat seorang perempuan yang berdiri di sebuah lokasi parkir.

Perempuan itu bermaksud menempati area parkir terlebih dahulu, sebelum mobilnya tiba. Hal ini juga dilakukan agar mobil lain tidak merebut lokasi tersebut.

Baca juga: Alasan Bandung Semakin Macet karena Jumlah Kendaraan Hampir Sama dengan Populasi Penduduk

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MARi parKIR TERtib Untuk Semua (@markirterus)

 

Jadi suatu ketika parkiran mall penuh, biasanya mobil yang muter2 nyari parkiran, ini kebalek, orangnya yang muter2 nyari parkiran,” tulis keterangan foto tersebut.

Pas dapat langsung dijagain sambil telepon mobilnya. Aturan ini hak nya yang ngejepret, tapi ngalah aja, sampai 5 x muter nyari2 parkiran,” lanjut keterangan itu.

Mencari parkir di mal saat akhir pekan memang jadi tantangan tersendiri bagi sejumlah orang. Pengendara sebetulnya bisa melakukan beberapa cara agar bisa cepat dapat parkir.

Baca juga: Akhirnya Ada Bus PO Raya Bergaya Jetbus

Pertama, Anda bisa datang ke mal lebih cepat. Jam operasional mal biasanya mulai pukul 10.00 sampai 22.00. Datang ke mal saat pagi relatif lebih sepi, sehingga bisa lebih mudah dapat parkir.

Kemudian, pilih area Ladies Parking atau parkiran khusus wanita. Buat Anda pengemudi wanita harus memanfaatkan fasilitas ini agar cepat memarkirkan mobil.

“Jadi, kenapa ada ladies parking? Ini menjadi salah satu strategi mal kepada pengguna parkir supaya penggunanya itu nyaman maka marketnya akan didapatkan secara tidak langsung oleh mereka,” ujar Rio Octaviano, Ketua Indonesia Parking Association, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Oknum Montir Nakal Ketika Beraksi

Gedung Parkir Kantor Walikota Jakarta Utara Dipasangi Spanduk Sosialisasi Larangan Parkir Bagi Kendaraan yang Tidak Lolos Uji EmisiJIMMY RAMADHAN AZHARI Gedung Parkir Kantor Walikota Jakarta Utara Dipasangi Spanduk Sosialisasi Larangan Parkir Bagi Kendaraan yang Tidak Lolos Uji Emisi

Ide layanan Ladies Parking muncul juga karena pengguna kendaraan roda empat ke mal banyak pengendara perempuan.

Maka dari itu dengan layanan ini akan memudahkan pengendara wanita mencari tempat parkir dengan mudah.

“Belum semua mal menerapkan ladies parking. Ini karena tergantung kebijakan manajemen properti mal, dan orientasi setiap manajemen itu berbeda tiap manajemen mal,” kata Rio.

Baca juga: Bagnaia dan Pol Terlibat Senggolan di Tes Pramusim MotoGP Sepang 2023

Ilustrasi parkir basement (Underground Parking Lot Architecture)Monica Noviola Ilustrasi parkir basement (Underground Parking Lot Architecture)

Lalu, cara lain yang bisa dipilih adalah langsung menuju parkir basement atau parkir gedung. Biasanya tempat parkir favorit orang berada di sekitar elevator atau di lantai dasar.

Parkir basement yang berada di lantai Lower Ground atau B1, B2 dan seterusnya, ataupun parkir gedung yang berada di atas mal, biasanya tidak begitu diminati karena aksesnya yang lebih jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com