Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Penyakit Umum Spidometer Motor dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 21/01/2023, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Panel meter pada sepeda motor atau biasa disebut dengan spidometer merupakan salah satu komponen terpenting. Sebab, komponen ini menampilkan beragam informasi soal motor.

Spidometer pada motor zaman sekarang tak hanya menampilkan kecepatan kendaraan saja. Tapi, ada juga informasi lainnya, seperti tachometer, odometer, fuel meter, gear indicator, dan informasi penting lainnya.

Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman, mengatakan, spidometer berfungsi sebagai alat ukur untuk mengendalikan kecepatan sepeda motor saat digunakan. Saat ini, ada dua jenis spidometer yang banyak digunakan pada sepeda motor, yaitu spidometer analog dan digital.

Baca juga: Pelindung Interior Mobil dan Speedometer Motor dari V-Kool

“Di era sekarang secara umum panel spidometer digital sudah menggunakan LED sebagai penerangan dan LCD sebagai displaynya,” ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Panel spidometer juga terkadang mengalami beberapa masalah di beberapa komponen, terutama di bagian layar yang sudah dilengkapi LCD (Liquid Crystal Display) sehingga dapat mengganggu aktivitas berkendara.

1. Panel Spidometer Berembun

Ilustrasi berkendara saat hujan.motorcyclenews.com Ilustrasi berkendara saat hujan.

Tampilan panel spidometer bisa terhalang karena terdapat uap air atau embun di bagian dalamnya. Kondisi ini biasa terjadi setelah motor habis dicuci atau saat berkendara di tengah hujan.

Ade mengatakan, penyebabnya bisa jadi karena ada celah antara mika penutup. Selain itu, mungkin saja ada retakan sehingga panas dari mesin menyebabkan air yang masuk ke dalam panel spidometer menguap dan tertahan di dalam.

Untuk mengatasinya, spidometer perlu diperiksa apakah terdapat celah atau terjadi keretakan. Namun, disarankan untuk melakukannya dengan orang yang ahli atau di bengkel resmi.

Baca juga: Kenali Beda Odometer, Tachometer, dan Speedometer

2. Panel Spidometer Terbakar Sinar Matahari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.