Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Saat Hujan Rem Kendaraan Terasa Lebih Pakem?

Kompas.com - 21/01/2023, 14:21 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Hujan masih kerap mewarnai awal tahun di beberapa wilayah di Indonesia. Hal tersebut tentu menjadi perhatian bagi kita semua, khususnya saat berkendara.

Jika diperhatikan, rem pada kendaraan baik pada sepeda motor atau pun mobil mengalami perubahan karakter begitu kendaraan melaju dibawah hujan. Bisa dikatakan rem menjadi lebih agresif, hanya dengan menekan pedal rem sedikit rem sudah aktif.

Namun, bisa saja itu hanya perasaan kita saja selaku pengendara yang awam. Lantas, bagaimana penjelasan fenomena tersebut?

Baca juga: Kenali Penyebab Rem Mobil Macet

Rem mobilDicky Aditya Wijaya Rem mobil

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio mengatakan, saat hujan memang akan ada perubahan karakter pada sistem rem, rem menjadi terkesan lebih lengket.

“Menurut saya, itu karena pengaruh suhu di lingkungan, ketika suhu lingkungan dingin, maka kampas rem dan rotor disc dingin juga, akibatnya rem terasa lebih lengket, atau biasa diartikan lebih pakem di kecepatan rendah,” ucap Rio kepada Kompas.com, Jumat (20/1/2023).

Hal serupa juga disampaikan oleh Foreman Nissan Bintaro Ibrohim. Dia mengatakan saat kondisi hujan komponen rem mendapatkan penyerapan panas yang lebih baik, sehingga rem menjadi lebih pakem pada kecepatan tertentu.

Baca juga: Kenali Gejala Rem Mobil Macet, Bisa Merugikan Sampai Kecelakaan

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil

“Pada saat hujan atau menerjang air, tentulah pendinginan piringan akan lebih cepat, efeknya panas dari gaya gesek bisa diredam lebih cepat, tapi dalam kecepatan tinggi bisa berefek kurang bagus khusus mobil yang belum dilengkapi ABS,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (21/1/2023).

Dia mengatakan rem yang lebih lengket tersebut bisa membuat roda terkunci, ditambah lagi permukaan jalan yang licin.

“Bisa menimbulkan penguncian roda bila kanvas remnya terlalu cepat dalam meredam panas, itulah yang harus dihindari saat hujan, sebaiknya pengereman dilakukan dengan halus dan bertahap,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Jangan Siram Rem Mobil yang Panas di Turunan Curam, Ini Akibatnya

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil

 

Sedangkan menurut Interactive Communication Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Dimas Aska. Dia mengatakan kondisi hujan tidak bisa diartikan rem menjadi lebih pakem, karena hal itu bertentangan dari tujuan pengereman.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.