Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keamanan dan Keselamatan Bus Trans Koetaradja Lebih Terjamin

Kompas.com - 18/01/2023, 19:06 WIB

ACEH, KOMPAS.com - PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) turut mendukung keamanan dan keselamatan pada layanan Bus Trans Koetaradja di bawah pengawasan UPTD Angkutan Massal Banda Aceh.

Adapun dukungan kerjasama kedua belah pihak terkait penyediaan perangkat telematika berbasis Internet of Things (IoT) dan teknologi Ai (TAM Fleet) untuk pengawasan pengemudi serta keselamatan penumpang pada 7 unit armada Bus Trans Koetaradja.

Peluncuran Trans Koetaradja yang mendukung transportasi publik di kawasan kampus atau “Trans Campus” yang diselenggarakan hari ini, 18 Januari 2023 di Universitas Syiah Kuala (USK).

Baca juga: Pengenalan TAM Fleet di Jakarta Integrated Transportation Expo 2022

Bus Koetardja dilengkapi dengan beragam fitur TAM FleetIST Bus Koetardja dilengkapi dengan beragam fitur TAM Fleet

Kepala Dinas Perhubungan Aceh, T Faisal mengatakan UPTD Angkutan Massal berharap transportasi publik tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat khususnya mahasiswa.

"Dengan tagline yang ada pada Bus ‘Semangat Melayani!’, 7 unit Trans Koetaradja sudah tersedia dengan perangkat telematik dan khusus 2 unit akan beroperasi di dalam kawasan kampus, yaitu USK dan UIN Ar-Raniry,” ucap Faisal.

Dia juga mengatakan menerima saran dan informasi dari masyarakat untuk terus mengevaluasi layanan publik tersebut agar terus aman dan nyaman dalam pelayanan.

Baca juga: Ini Penyedia Perangkat IoT TAM Fleet di Bus Listrik MAB

Dua Bus Koetaradja beroperasi di dalam kampus di AcehIST Dua Bus Koetaradja beroperasi di dalam kampus di Aceh

“Penggunaan perangkat canggih dari PT TKDN ini pun merupakan salah satu upaya UPTD Angkutan Massal untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang.” ucap dia.

Melalui acara peusijuek yang termasuk dalam rangkaian acara peluncuran hari ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, layanan Trans Koetaradja (Trans Campus) resmi beroperasi mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 17.05 WIB dengan tarif GRATIS, tutup M. Hanung Kuncoro.

Presiden Direktur TKDN David Santoso mengatakan, Trans Koetaradja telah dipasang perangkat yang akan mengawasi pengemudi sehingga diharapkan bisa meningkatkan keselamatan.

Baca juga: Sabuk Keselamatan Penumpang Bus Pariwisata Menjadi Urgensi

Layar pengamatan di depan sopir Bus Trans KoetaradjaIST Layar pengamatan di depan sopir Bus Trans Koetaradja

“PT TKDN menyediakan alat-alat IoT TKDN Advance Mobility (TAM Fleet) yang terpasang di unit Trans Koetaradja (Trans Campus) yang berfungsi sebagai sensor serta pengawasan pengemudi dan terbukti meningkatkan keselamatan armada,” ucap David.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.