Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP 2023 Jadi Musim Paling Menantang bagi Tim dan Pebalap

Kompas.com - 18/01/2023, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Monster Energy Yamaha MotoGP Team akan mengalami tahun yang paling sulit, panjang dan keras untuk MotoGP 2023. Mengingat di musim yang akan datang, ada sprint race setiap Sabtu.

Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis mengatakan, di 2023 ada 21 balapan, 10 di luar Eropa dan 11 di Eropa, musim mulai Maret dan berakhir di November, sangat panjang dan sulit.

"Tahun ini juga ada format balap baru (sprint race), buat tim dan pebalap kami artinya akan ada 42 balapan musim ini, itu akan sangat keras," ucapnya di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Baca juga: Miller dan Vinales Bisa Menambah Rekor Baru di MotoGP

Peluncuran livery Monster Energy Yamaha MotoGP di Jakarta, Selasa (17/1/2023)KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Peluncuran livery Monster Energy Yamaha MotoGP di Jakarta, Selasa (17/1/2023)

Sprint race akan berlangsung pada hari Sabtu di race week. Panjang balapan hanya setengah dari balap di hari Minggu, begitu juga dengan pembagian poinnya.

Lin menjelaskan, timnya akan melakukan yang terbaik pada musim MotoGP 2023. Memang adanya sprint race jadi tantangan tersendiri, tapi balapan tersebut tentu membuat fans jadi mendapatkan banyak tontonan.

"Kami siap, ayo coba (format balap musim 2023). Semoga kita bisa memberikan lebih banyak show kepada fans," ucap Lin.

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Melewati Tanjakan

Massimo Meregalli, Team Director Monster Energy Yamaha MotoGP mengatakan, adanya format balap baru akan lebih menantang untuk tim dan rider.

"Setelah sprint race, kita review dan improve apa yang bisa diperbaiki di main race (balapan Minggu). Format baru ini lebih baik untuk ditonton, tapi lebih stress untuk tim," ucapnya.

Pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli pun mengaku siap menghadapi musim 2023 yang lebih padat daripada 2022.

"Kami akan bekerja keras musim ini, seperti yang selalu kami lakukan. Kami banyak belajar di 2022 dan sekarang saya hanya ingin bertarung memperebutkan gelar lagi," ucap Quartararo.

"Saya melihat ini (perubahan format) sebagai perubahan positif karena akan dinikmati fans. Saya tak sabar memulai musim 2023 dengan cara terbaik," ucap Morbidelli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.