Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

[POPULER OTOMOTIF] Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Macet di Jalan Menanjak | Avanza-Veloz Kuasai Pasar MPV Murah, Tekuk Xpander dan Stargazer

Kompas.com - 18/01/2023, 06:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalanan yang menanjak disertai lalu lintas yang padat kerap menjadi medan yang susah untuk dilalui oleh sebagian orang.

Tidak sedikit peristiwa kecelakaan terjadi di jalan yang kondisi geometriknya miring. Hal ini disebabkan pengemudi mobil membutuhkan keahlian khusus, atau setidaknya terbiasa dengan medan tersebut.

Jika tidak, maka rasa was was ketika membawa mobil di medan tersebut pun tidak bisa dihindari. Maka dari itu diperlukan trik khusus untuk diikuti agar pengemudi lebih percaya diri saat melewati jalan menanjak dan macet.

Selain itu, Toyota Avanza dan Veloz berhasil menguasai pasar mobil keluarga murah atau Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) di Indonesia sepanjang 2022.

Pencapaian ini ditorehkan dengan penguasaan pangsa pasar 49,7 persen dari total penjualan di segmennya. Diolah dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jumlah penjualan kedua model tersebut ialah 92.646 unit.

Avanza mencatatkan angka 60.624 unit sementara Veloz sebagai varian teratasnya sebanyak 32.022 unit.

Angka tersebut, naik hingga 40 persen dibandingkan periode Januari-Desember 2021 atau year-on-year (yoy). Keadaan ini, sejalan dengan penjualan mobil nasional yang bertumbuh 18,1 persen dari 887.202 unit jadi 1.048.040 unit (wholesales).

 

1. Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Macet di Jalan Menanjak

Satlantas Polresta Bogor Kota mengimbau kepada masyarakat yang melintasi jalan menanjak disertai macet agar menggunakan gigi rendah untuk mobil-mobil matik.

“Pastikan gigi percepatan selalu berada di gigi rendah, 1 atau L untuk mobil matik, dengan demikian torsi akan senantiasa terjaga dan aman untuk melibas tanjakan yang curam sekali pun,” tulis Satlantas Polresta Bogor Kota di Instagram, Senin (16/1/2023).

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Macet di Jalan Menanjak

 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke