Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2023, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jack Miller dan Maverick Vinales merupakan pebalap yang berpotensi mencetak rekor kemenangan yang selama puluhan tahun belakangan ini belum berhasil diraih oleh pebalap lain. Bahkan, pebalap sekelas Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Rekor tersebut adalah rekor kemenangan dengan tiga pabrikan yang berbeda atau yang biasa disebut dengan 'Three-peat'. Selama 20 tahun belakangan ini, belum ada pebalap yang bisa meraih rekor tersebut.

Baca juga: Alasan Jack Miller Menolak Gabung Pramac Ducati

Rossi dengan rekor kemenangan terbanyak di MotoGP pun tidak berhasil mendapatkannya. Rossi sudah meraih kemenangan di Honda dan Yamaha, tapi gagal menambah rekornya saat pindah ke Ducati.

Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

Begitu pula dengan Lorenzo yang juga sudah merasakan balapan di Yamaha, Ducati, dan Honda. Pebalap asal Spanyol ini gagal menambah rekor kemenangan saat berada di Honda.

Rekor kemenangan di tiga pabrikan berbeda terakhir kali diraih oleh Loris Capirossi. Pebalap asal Italia ini meraih kemenangan untuk Yamaha di musim 1996, lalu Honda di musim 2000, dan Ducati di musim 2003.

Baca juga: Quartararo Enggan Tandingi Rekor Valentino Rossi di MotoGP

Miller sudah berhasil meraih kemenangan saat bersama Honda dan Ducati. Musim ini, dia pindah ke KTM dan memiliki peluang untuk menambah rekor kemenangan.

Marc Marquez (Repsol Honda) saat berusaha menyalip Jack Miller (Pramac Racing) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) pada balapan MotoGP Spanyol, 19 Juli 2020.AFP/JAVIER SORIANO Marc Marquez (Repsol Honda) saat berusaha menyalip Jack Miller (Pramac Racing) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) pada balapan MotoGP Spanyol, 19 Juli 2020.

Pebalap lain yang hampir berhasil mencetaknya adalah Maverick Vinales. Pebalap Aprilia ini sudah merasakan kemenangan bersama Suzuki dan Yamaha. Vinales hampir berhasil meraihnya, tapi kalah 0,426 detik dari Francesco Bagnaia.

"Akan menjadi mimpi untuk menang dengan tiga pabrikan, saya bisa menjadi satu-satunya yang melakukannya," ujar Vinales, dikutip dari Crash.net, Senin (16/1/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.