Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Mesin Sama, Grand Filano Tenaganya Lebih Kecil dari Fazzio

Kompas.com - 18/01/2023, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected baru resmi diluncurkan ke pasar Indonesia, Selasa (17/1/2023). Skutik ini masuk ke segmen Classy, menemani Yamaha Fazzio yang lebih dulu hadir di Indonesia.

Sama dengan Fazzio, Grand Filano menggunakan mesin Blue Core 125cc dengan teknologi Hybrid. Namun di atas kertas, spesifikasi soal output tenaga dan torsi dari kedua motor tersebut berbeda, Grand Filano sedikit lebih kecil.

Berdasarkan spesifikasi, Grand Filano memiliki output tenaga 6,1 kW atau setara 8,1 TK di 6.500 rpm dan torsi 10,4 Nm di 5.000 rpm. Sedangkan Fazzio, dengan mesin yang sama menghasilkan 6,2 kW atau setara 8,3 TK di 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm di 4.500 rpm.

Baca juga: Selisih Rp 500.000, Apa Bedanya Yamaha Grand Filano Neo dan Lux?

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing luncurkan Grand Filano Hybrid-Connected, Selasa (17/1/2023)KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Yamaha Indonesia Motor Manufacturing luncurkan Grand Filano Hybrid-Connected, Selasa (17/1/2023)

Mengenai hal tersebut, Dyonisus Beti, President Director PT YIMM mengatakan, kedua motor punya basis mesin yang sama persis, cuma perbedaannya ada pada berat.

"Harusnya sama persis dengan Fazzio (performa), cuma ini (Grand Filano) beratnya berbeda 5 Kg, otomatis powernya akan berbeda," ucap Dyonisius di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Mengenai bobot, Fazzio punya berat 95 Kg, sedangkan Grand Filano bobotnya 100 Kg. Walau ada perbedaan berat, Dyonisius mengklaim kalau torsi dari Grand Filano lebih baik.

Baca juga: Ingat, Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi


"Tapi ini (Grand Filano) torsinya lebih bagus, sehingga pada saat kita starting, ini lebih responsif," ucap Dyonisius.

Mengenai berat tambahan 5 Kg, redaksi mendapatkan informasi kalau paling signifikan berasal dari rangkanya yang berbeda. Selain itu, ada pelat di bagian bawah tangki BBM untuk melindungi ketika digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.