Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Mesin Sama, Grand Filano Tenaganya Lebih Kecil dari Fazzio

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected baru resmi diluncurkan ke pasar Indonesia, Selasa (17/1/2023). Skutik ini masuk ke segmen Classy, menemani Yamaha Fazzio yang lebih dulu hadir di Indonesia.

Sama dengan Fazzio, Grand Filano menggunakan mesin Blue Core 125cc dengan teknologi Hybrid. Namun di atas kertas, spesifikasi soal output tenaga dan torsi dari kedua motor tersebut berbeda, Grand Filano sedikit lebih kecil.

Berdasarkan spesifikasi, Grand Filano memiliki output tenaga 6,1 kW atau setara 8,1 TK di 6.500 rpm dan torsi 10,4 Nm di 5.000 rpm. Sedangkan Fazzio, dengan mesin yang sama menghasilkan 6,2 kW atau setara 8,3 TK di 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm di 4.500 rpm.

Mengenai hal tersebut, Dyonisus Beti, President Director PT YIMM mengatakan, kedua motor punya basis mesin yang sama persis, cuma perbedaannya ada pada berat.

"Harusnya sama persis dengan Fazzio (performa), cuma ini (Grand Filano) beratnya berbeda 5 Kg, otomatis powernya akan berbeda," ucap Dyonisius di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Mengenai bobot, Fazzio punya berat 95 Kg, sedangkan Grand Filano bobotnya 100 Kg. Walau ada perbedaan berat, Dyonisius mengklaim kalau torsi dari Grand Filano lebih baik.

"Tapi ini (Grand Filano) torsinya lebih bagus, sehingga pada saat kita starting, ini lebih responsif," ucap Dyonisius.

Mengenai berat tambahan 5 Kg, redaksi mendapatkan informasi kalau paling signifikan berasal dari rangkanya yang berbeda. Selain itu, ada pelat di bagian bawah tangki BBM untuk melindungi ketika digunakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/18/112200815/punya-mesin-sama-grand-filano-tenaganya-lebih-kecil-dari-fazzio

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke